Comscore Tracker

Ilmuwan Tak Menemukan Rekayasa Manusia di Virus Corona

Penjelasan kandidat Doktor Universitas Oxford dari Indonesia

Jakarta, IDN Times - Dugaan virus corona yang menyebar ke seluruh dunia sengaja dibuat dari laboratorium milik Tiongkok, ditepis oleh para ilmuwan. Teori itu sekaligus membantah tudingan Presiden Donald J. Trump satu pekan lalu, yang menyebut virus corona bukan sesuatu yang alami dan menyebar dari pasar basah di Kota Wuhan, Tiongkok.

Trump meyakini virus yang diberi nama Sars-CoV-2 itu lolos dari pengawasan laboratorium virus di Wuhan. Menurutnya virus itu sengaja dibuat di laboratorium tersebut tapi kemudian bocor ke publik.

Menurut kandidat Doktor dalam Rekayasa Genetik Universitas Oxford, Muhammad Hanifi menegaskan, kalangan ilmuwan menyepakati tidak ada indikasi bahwa virus tersebut dibuat oleh manusia.

"Jadi pertanyaan ini sudah ditanyakan juga sama ilmuwan, dan sudah dilihat juga kebenarannya," ujarnya saat live di Instagram IDN Times, Sabtu (10/5).

1. Genetik COVID-19 tidak menunjukan tanda rekayasa

Ilmuwan Tak Menemukan Rekayasa Manusia di Virus Corona Kandidat Doktor dalam Rekayasa Genetik dan Peneliti vaksin Universitas Oxford, Muhammad Hanifi dalam program Ngobrol Asik by IDN Times, Sabtu (9/5).

Hanifi menerangkan, secara garis besar dari materi genetik virus dengan komponen virus saat ini bukan rekayasa. Para peneliti sudah melihat materi genetik virusnya apakah ada tanda-tanda virus ini direkayasa, atau ada kemiripan dengan virus lain.

"Kita lihat dan cari tanda-tanda genetiknya, dan ini tidak ditemukan di DNA-nya virus tersebut, jadi konsensusnya di dunia penelitian saat ini adalah bukan rekayasa manusia," tegasnya.