Comscore Tracker

Tertua di Dunia, Lukisan Babi Ditemukan di Indonesia

Terdapat telapak tangan di lukisan berusia 45.500 tahun ini

Arkeolog kembali menemukan lukisan tertua di dunia. Lukisan ditemukan di sebuah gua terpencil Sulawesi. Temuan arkeolog ini menunjukkan bahwa penghuni manusia awal telah bermukim di wilayah tersebut. Penemuan lukisan baru ini menambah daftar seni lukis tertua di dunia asal Indonesia, di mana manusia dianggap memiliki peradaban yang sudah lumayan maju.

Para arkeolog masih mengembangkan penelitian dan penyelidikan mengenai teknik, bahkan DNA manusia yang melukisnya. Sebab lukisan itu tidak hanya bergambar binatang liar, tapi juga dua telapak tangan di belakangnya. Arkeolog berpendapat, pelukis menjadikan tangannya sebagai cetakan, lalu pewarna disemburkan dari mulut si pelukis.

1. Perkiraan lukisan berusia 45.500 tahun

Tertua di Dunia, Lukisan Babi Ditemukan di IndonesiaLukisan bergambar babi hutan dengan sepasang benjolan (kutil) di wajahnya. (twitter.com/Newscientist)

Sulawesi menjadi salah satu situs arkeologis yang menyimpan banyak rahasia. Peneliti sudah lama mengeksplorasi wilayah tersebut, khususnya di Kabupaten Maros. Rata-rata lukisan ditemukan di dalam gua.

Dalam temuan lukisan terbaru, tempatnya berada di dalam gua Leang Tedongnge. Temuan membuktikan jika sudah ada manusia yang bermukim di wilayah itu sejak dulu. Laporan mengenai temuan diterbitkan di jurnal ilmiah Science Advances, salah satu penulisnya adalah Maxime Aubert.

Melansir laman BBC, Aubert mengidentifikasi deposit kalsit yang terbentuk di atas lukisan. Menurutnya, deposit kalsit itu berusia 45.500 tahun. Penentuan itu dilakukan dengan penanggalan isotop Uranium, salah satu metode penanggalan radiometrik tertua.

2. Lukisan binatang yang naratif

Tertua di Dunia, Lukisan Babi Ditemukan di IndonesiaGambar tangan cetakan terlihat di belakang-atas babi hutan. (twitter.com/Resolute Reader)

Gua Leang Tedongnge tempat lukisan itu ditemukan bisa diakses saat musim kemarau. Pada musim penghujan, wilayah itu seringkali banjir. Gua berada di sebuah lembah yang dikelilingi oleh tebing kapur terjal.

Menurut keterangan komunitas Bugis terpencil di dekat gua, belum pernah ada orang Barat yang datang ke lokasi tersebut. Melansir The Guardian, lukisan di dalam gua bergambar babi dengan sepasang kutil (dua benjolan di bawah mata) pada wajahnya, seperti tanduk yang biasa ada di babi hutan jantan dewasa.

Selain itu, dua cetakan telapak tangan di atas bagian belakang bokong babi. Para ilmuwan berupaya mengekstrak sampel DNA dari air liur sisa yang mungkin ditemukan di atas lapisan lukisan.

“Babi itu tampaknya mengamati perkelahian atau interaksi sosial antara dua babi kutil lainnya” tulis Maxime Aubert dalam laporannya. Aubert merupakan ahli penanggalan arkeologis yang memperkirakan usia lukisan tersebut.