Comscore Tracker

Penasaran Cara Sabun Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasan Lengkapnya

Lebih ampuh ketimbang hand sanitizer

Sejak COVID-19 atau virus Corona menjadi pandemi di Indonesia, pemerintah terus mendorong masyarakat untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Selain terus melakukan psychall distancing untuk menekan jumlah pasien positif.

Seruan mencuci tangan tidak pernah berhenti diserukan. Ingin tahu alasan kenapa cuci tangan dengan sabun merupakan langkah pencegahan yang ampuh? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Virus hancur seketika saat bertemu lemak di sabun

Penasaran Cara Sabun Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasan LengkapnyaWashyourlyrics.com

Dengan mencuci tangan pakai sabun, maka virus corona yang menempel di tangan bisa terusir supaya tidak berpindah ke benda atau tangan orang lain yang kamu sentuh. Virus bersifat partikel nano rakitan yang menjadi lemah bila bertemu lipid (lemak) bilayer.

Melansir The Guardian, sabun akan melarutkan membran lemak ketika mencuci tangan. Sehingga virus yang menempel akan hancur berantakan. Praktis, virus corona penyebab COVID-19 langsung menghilang dari tangan.

Baca Juga: Kunyah Daun Sirih Tak Bisa Sembuhkan COVID-19, Ini Fakta Khasiatnya

2. Melepas lem perekat di komponen virus dengan kulit

Penasaran Cara Sabun Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasan LengkapnyaTwitter.com/PalliThodarson

Pernah bertanya kenapa air saja tidak cukup? Air memang tidak cukup karena melepas ikatan atau perekat seperti lem di antara virus dan kulit. Butuh effort lebih ketimbang air saja.

Sedangkan air sabun mengandung zat seperti lemak yang dikenal sebagai amphiphiles, yang secara struktural sangat mirip dengan lipid dalam membran virus. Molekul dari sabun akan 'bersaing' dengan lipid dalam membran virus.

Jika dianalogikan mirip sekali ketika kamu mencuci tangan untuk menghilangkan kotoran. Segala kotoran tersebut, akan lebih mudah hilang kalau pakai sabun kan? Sabun tidak hanya melonggarkan lem antara virus dan kulit saja. Sabun juga memisahkan sesuatu mirip Velcro yang menyatukan protein, lipid, dan RNA di dalam virus.

Baca Juga: 10 Kegunaan Unik Hand Sanitizer selain Cuci Tangan, Jarang Diketahui

3. Tetap membutuhkan waktu

Penasaran Cara Sabun Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasan LengkapnyaUnsplash.com/curology

Meski efek sabun dianggap ampuh, namun bukan berarti mencuci tangan bisa asal. Sabun tetap membutuhkan waktu bereaksi mengusir segala virus yang ada di tangan kamu, termasuk virus corona atau COVID-19.

Menurut profesor kimia dari University of News South Wales, Palli Thordarson, setidaknya dibutuhkan waktu paling sedikit 30 detik bagi unsur kimia di dalam sabun untuk berinteraksi dengan partikel virus.

Tidak perlu menggunakan sabun antibakteri yang direkomendasikan Food and Drug Administration (FDA). Cukup sabun yang biasa digunakan sehari-hari. Thodarson menambahkan bahwa segala sabun dapat bekerja dengan baik dalam mengusir virus corona, asal memberikannya waktu lebih untuk bekerja.

4. Alkohol di bawah 60 persen kurang bisa membunuh virus

Banyak orang beranggapan cukup dengan alkohol. Namun yang dibutuhkan setidaknya mencapai 60 persen. Jika kurang dari itu, maka percuma mencuci tangan menggunakan alkohol.

Dua lapisan luar terlemah dari virus corona terbentuk dari lemak, dan lapisan lemak ini bisa dihancurkan oleh kandungan sabun. Ketika virus corona mengalami kerusakan di bagian lapisan lemak, ia tidak mampu menginfeksi manusia. Sementara itu, pentingnya air mengalir adalah agar virus corona yang telah rusak itu segera tersapu bersih dari tanganmu.

5. Waspadai virus corona bersembunyi di sela tangan

Penasaran Cara Sabun Tangkal Virus Corona? Ini Penjelasan LengkapnyaIlustrasi virus corona. (IDN Times/Arief Rahmat)

Virus corona tidak hanya menetap di permukaan tangan saja, tapi masuk hingga ke sela-sela. Thodarson ingin kita semua mencuci tangan dengan benar, dan menggosoknya ke sela-sela. Demi memudahkan untuk mengusir virus yang bersembunyi di sela-sela, penggunaan sabun menjadi cara yang paling efektif. Asalkan dengan cara dan waktu yang benar.

Sudah cukup jelas tentang sabun yang mampu mencegah penyebaran virus corona, kan?Selalu cuci tanganmu dengan cara dan waktu yang benar agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Baca Juga: Bukti Foto: Hand Sanitizer Tak Sebaik Air dan Sabun untuk Cuci Tangan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya