Tol Indralaya-Prabumulih Bisa Digunakan Lebaran 2023 Nanti

Panjang jalan tol Indralaya-Prabumulih sejauh 65 km

Prabumulih, IDN Times - Proyek pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih (Sesi 1) ditargetkan selesai Maret 2023 mendatang. Jalan tol Indralaya-Prabumulih masuk dalam ruas tol Muara Enim-Lubuk Linggau yang direncanakan berlanjut hingga Provinsi Bengkulu.

Selain itu, jalan tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 km melintasi dua wilayah kecamatan Muara Enim, yakni Kecamatan Kelekar sepanjang 4,7 km melintasi Desa Suban dan Kecamatan Belide Darat sepanjang 4,6 kmi melintasi Desa Tanjung Tiga, Desa Ibul, dan Desa Gaung Asam.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Jalur Tol Kayuagung-Palembang Diaspal Kembali

1. Rest Area dan SPBU tersedia bertahap

Tol Indralaya-Prabumulih Bisa Digunakan Lebaran 2023 Nanti(Progres pengerjaan tol Indralaya-Prabumulih) IDN Times/Istimewa

Ismail selaku Site Operation Manager STA 37 PT Hutama Karya yang juga kontraktor jalan tol Indralaya-Prabumulih mengatakan, pihaknya merupakan penanggung jawab pembanguman ruas tol STA 37 di wilayah Rest Area KM 55. Pada rest area akan ada masjid, tempat penjualan makanan, pujasera, dan fasilitas lain seperti SPBU.

"SPBU mungkin bertahap, kita menyediakan tempat untuk pembangunan SPBU tergantung pihak ketiga nantinya," ujarnya, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga: Pemkab Banyuasin Usulkan Tol Kapal Betung Dibuat 2 Pintu Exit

2. Pengerasan jalan sudah 80 persen

Tol Indralaya-Prabumulih Bisa Digunakan Lebaran 2023 Nanti(Progres pengerjaan tol Indralaya-Prabumulih) IDN Times/Istimewa

Ismail menjelaskan secara keseluruhan pengerjaan jalan tol Indralaya-Prabumulih sudah mencapai 80 persen lebih. Saat ini masih proses pengerjaan fisik, pengerasan, dan pengaspalan jalan.

"Sesuai kontrak dan target pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih selesai pada Maret 2023, agar Lebaran Idul Fitri sudah bisa dilintasi kendaraan. Mudah-mudahan bisa tepat waktu," terangnya.

3. Cuaca menghambat proses kontruksi jalan

Tol Indralaya-Prabumulih Bisa Digunakan Lebaran 2023 Nanti(Progres pengerjaan tol Indralaya-Prabumulih) IDN Times/Istimewa

Koordinator K3 Lapangan PT Hutama Karya, Arlubis Ariansyah menambahkan, pihaknya masih mengkebut penyelesaian ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih. Menurutnya, hujan yang deras cukup menghambat proses konstruksi dan pembangunan jalan.

"Saat ini selain pengaspalan jalan dan konstruksi rest area di KM 56. Rest area di ruas tol Indralaya-Prabumulih atau sebaliknya hanya satu di KM 56 ini," jelasnya.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Minta Exit Tol Dibangun di Tiap Daerah Perlintasan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya