Ternyata Ada 17 Sumur Terbakar di Muba, Pemilik Lahan Kabur

Korban alami luka bakar 60 persen dan dirawat di RSUD Sekayu

Musi Banyuasin, IDN Times - Insiden terbakarnya beberapa sumur minyak di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada Sabtu (15/10/2022) dini hari, hingga saat ini masih belum padam. 

Ternyata tidak hanya tiga sumur yang terbakar, melainkan 12 sumur di area tersebut yang jaraknya berdekatan.

1. Sumur minyak terbakar ditimbun dengan tanah dan deterjen

Ternyata Ada 17 Sumur Terbakar di Muba, Pemilik Lahan Kabur(Kasat Reskrim Polres Muba AKP Dwi Rio saat menggelar press rilis terkait kebakaran sumur minyak ilegal di kecamatan Keluang kabupaten Musi Banyuasin) IDN Times/Yuliani

Hal tersebut diungkapkan Kasat Reskrim Polres Muba, AKP Dwi Rio. Ia mengatakan dari 12 sumur yang terbakar, baru tujuh sumur yang sudah dipadamkan.

“Sedangkan sisanya kita bersama TNI dan pihak kecamatan masih berupaya melakukan pemadaman. Dengan menggunakan alat berat ekskavator, sumur yang terbakar ditimbun dengan tanah dan disiram dengan deterjen,” ujarnya dalam konferensi pers di Mapolres Muba, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: 3 Titik Sumur Minyak di Muba Terbakar, Tiga Warga Diduga Terluka

2. Kebakaran dipicu saat 'meras' minyak dan ada pekerja merokok

Ternyata Ada 17 Sumur Terbakar di Muba, Pemilik Lahan Kabur(Kondisi sumur minyak meledak di kecamatan Keluang pada Sabtu dinihari) IDN Times/Istimewa

Terbakarnya sumur minyak di Keluang berawal ketika para pekerja sedang memeras minyak sembari merokok. Dari sana lah terpicu kebakaran.  

“Ketika kita melihat TKP, pemilik sumur dan pekerja sudah kabur, tidak ada lagi. Kita juga berhasil mengamankan 20 liter minyak mentah dan rig (mata bor) yang masih ada di sana,” terangnya.

3. Korban dari sumur minyak menderit5a luka bakar dan belum siuman

Ternyata Ada 17 Sumur Terbakar di Muba, Pemilik Lahan Kabur(Lokasi sumur minyak di kecamatan Keluang yang terbakar) IDN Times/Yuliani

Terkait adanya informasi korban sampai hangus terbakar dari foto-foto yang beredar, pihaknya sudah mengecek ke lapangan dan tidak ada temuan. Sehingga kepolisian belum bisa memastikan apakah foto yang beredar itu hoaks atau tidak. 

“Langkah pertama yang kami lakukan langsung menyelamatkan korban. Ada satu orang sedang dirawat di RSUD Sekayu. Korban mengalami 60 persen luka bakar dan belum siuman, sehingga belum bisa ditanya. Jadi soal adanya puluhan korban itu tidak benar,” jelasnya.

4. Polisi sudah ketahui pemilik lahan dan sumur minyak yang terbakar

Ternyata Ada 17 Sumur Terbakar di Muba, Pemilik Lahan Kabur(Suasana ledakan sumur minyak pada Sabtu dinihari) IDN Times/Istimewa

Atas insiden ini, pihaknya juga telah melakukan penyelidikan karena di TKP hanya ada warga yang menonton. Namun ketika warga ditanya siapa pemiliknya, mereka kompak menjawab tidak tahu. 

“Kami mengimbau bagi pemilik sumur dan pemilik lahan agar segera menyerahkan diri. Karena kami dari pihak kepolisian sudah mengantongi nama-namanya,” tegasnya.

Baca Juga: Sosok Brigjen Rudi Setiawan, Wakapolda Sumsel Punya Harta Rp3,1 Miliar

Baca Juga: Profil Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus R Wibowo, Harta Rp7,7 Miliar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya