Sungai Keruh Meluap, 53 Rumah Warga di Muba Terendam Banjir

Permukiman di pinggir  sungai tergenang hingga 1,40 meter

Musi Banyuasin, IDN Times - Intensitas hujan disertai angin yang tinggi membuat 53 rumah warga di Kecamatan Jirak Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), terendam banjir.

Hujan lebat menambah debit air Sungai Keruh di Desa Jembatan Gantung. Bahkan permukiman yang berada di pinggiran sungai tergenang air hingga kedalaman 1,40 meter.

Baca Juga: Muaratara Dikepung Banjir, Dinkes Siapkan Anti Bisa Ular

1. Aliran sungai begitu deras setelah hujan tiga hari berturut-turut

Sungai Keruh Meluap, 53 Rumah Warga di Muba Terendam Banjir(Camat Jirak Jaya Yudi Suhendra saat memantau banjir di beberapa desa) IDN Times/Istimewa

"Curah hujan cukup tinggi selama tiga hari berturut-turut. Sampai sekarang masih deras aliran sungainya," ujar Yudi Suhendra, Camat Jirak Jaya saat dikonfirmasi, Rabu (19/10/2022).

Selain di Desa Jembatan Gantung, desa lain juga ikut terdampak luapan air sungai ini. Seperti Sungai Jirak serta Sungai Keruh di Desa Layan yang memaksa delapan keluarga mengungsi.

Baca Juga: Sungai Musi Meluap, Jalan Antar Desa Terputus di Tebing Tinggi

2. Anak-anak tak bisa pergi sekolah

Sungai Keruh Meluap, 53 Rumah Warga di Muba Terendam Banjir(Camat Jirak Jaya Yudi Suhendra saat memantau banjir di beberapa desa) IDN Times/Istimewa

"Anak-anak di Desa Layan terkendala menuju sekolah karena air menggenangi jalan setinggi 50 sentimeter," jelasnya.

Pihaknya juga langsung melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak, serta berkoordinasi dengan Forkopimcam maupun Tagana Kecamatan untuk bersiaga.

3. Warga diminta tak beraktivitas di pinggir sungai

Sungai Keruh Meluap, 53 Rumah Warga di Muba Terendam BanjirIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejauh ini belum ada korban akibat banjir tersebut. Yudi mengingatkan warga terus waspada karena tingginya debit air ditambah arus sungai deras.

"Kita juga aktif mengimbau warga agar tetap waspada, mengingat curah hujan masih diprediksi kembali turun. Serta mengimbau untuk mengurangi aktivitas di aliran sungai untuk menghindari bahaya" tutupnya.

Baca Juga: Banjir di Depan Citi Mall Baturaja Nyaris Tenggelamkan Truk

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya