Rel Tanpa Palang Picu Korban, Mobil Warga Ditabrak Babaranjang

Mobil terus berjalan meski masinis memberi klakson panjang

Prabumulih, IDN Times - Kecelakaan di perlintasan rel kereta api tanpa palang kembali terulang. Sebuah mobil double cabin merek Mitsubishi Triton BG 8414 CF yang dikendarai Dariah (52), karyawan PT Baker Hughes, ditabrak kereta api rangkaian pengangkut batu bara (Babaranjang), Kamis (15/12/2022) sekitar pukul 10.45 WIB.

Kecelakaan terjadi di jalur perlintasan kereta api tanpa palang pintu di jalan Lintas Sumatra Tanjung Rambang, Kecamatan RKT, Kota Prabumulih. Akibat peristiwa ini, pengemudi Dariah mengalami luka robek di dahi.

Baca Juga: Fuso Pengangkut Solar Terbakar di Proyek Tol Betung, 1 Pegawai Terluka

1. Kereta api sedang melintas menuju Lampung

Rel Tanpa Palang Picu Korban, Mobil Warga Ditabrak BabaranjangIlustrasi kereta api (IDN Times/Arief Rahmat)

Kapolsek RKT, Iptu Dedi Apriansyah, ketika dikonfirmasi menyebut kecelakaan berawal saat kereta api Babaranjang 3029A dengan nomor lokomotif CC2052117 dengan Masinis Wawan dan Asisten Masinis Ahmad, akan melintas menuju ke arah Lampung. 

"Sesampai di perlintasan KM 308+1/0 dari arah Stasiun Tanjung Rambang (Tjr) menuju Stasiun Sukamerindu (Sku) Baturaja, tiba- tiba sebuah mobil Double Cabin melintas di perlintasan 308+1/0 dari arah Baturaja menuju Prabumulih," ujarnya.

Baca Juga: Bus Pengangkut Rombongan Paskibra Muara Enim Terbalik di Tol Terpeka

2. Mobil korban terseret 10 menter

Rel Tanpa Palang Picu Korban, Mobil Warga Ditabrak Babaranjangilustrasi kecelakaan kereta dan mobil/bus (IDN Times/Aditya Pratama)

Masinis KA 3029a kemudian menyembunyikan klason atau semboyan S35 dengan keras, tetapi mobil tersebut tetap berjalan. Seketika saja kereta babaranjang menabrak mobil yang dikendarai Dariah dan menyeretnya sampai 10 meter jauh. 

"Pengguna jalan dan warga sekitar yang melihat kejadian itu langsung bertindak cepat untuk memberikan pertolongan. Dariah segera dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan pertolongan pertama," jelasnya.

3. Mobil langsung dievakuasi dari TKP rel kereta api

Rel Tanpa Palang Picu Korban, Mobil Warga Ditabrak BabaranjangIlustrasi kecelakaan kereta api dan mobil, IDN Times/ istimewa

Korban Dariah sempat mengalami syok akibat kecelakaan yang nyaris merenggut nyawanya. Warga bersama petugas dari Polsek RKT yang mendapatkan laporan, langsung membantu korban serta mengevakuasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Mobil hancur bagian depan sebelah kanan. Mobil sudah dialihkan dari TKP dan berada di depan Pondok Pesantren Al Furqon. Sedangkan kereta api tidak mengalami kerusakan dan langsung melanjutkan perjalanan ke arah Baturaja," tutupnya.

Baca Juga: Pengemudi Pajero Maut di Palembang Merupakan Anggota TNI AL

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya