Pria di Muba Tikam Ibu Kandung Saat Mengaji Usai Tarawih di Masjid

Pelaku bunuh diri dengan membenturkan kepala ke dinding sel

Musi Banyuasin, IDN Times - Warga Desa Letang, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), digemparkan dengan insiden pembunuhan oleh seorang anak terhadap ibu kandungnya sendiri.

Pelaku bernama Muksin (36) menyerang ibu kandung bernama Siti Fathona (56) di Masjid Baiturrahman, saat korban Taddarus Al-Qur'an usai menjalankan salat tarawih, Selasa (28/3/2023) sekitar pukul 21.30 WIB. 

Korban tewas ditusuk pelaku di bagian pinggang kanan hingga tembus ke bagian pinggang kirinya menggunakan pedang. Sebelum meninggal dunia, korban sempat berteriak histeris meminta pertolongan.

Baca Juga: Palembang Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah Drawing Piala Dunia U-20

1. Suami korban ikut diserang namun selamat

Pria di Muba Tikam Ibu Kandung Saat Mengaji Usai Tarawih di Masjid(Kepala desa Letang, Ufradi) IDN Times/Istimewa

Kepala Desa Letang, Ufradi mengatakan, suami korban yang juga ayah kandung pelaku bernama Misbahul Munir (60) mendatangi sumber suara saat mendengar teriakan istrinya. Ia berusaha menolong istrinya yang bersimbah darah di dalam masjid. 

"Saat itu Munir juga diserang memakai pedang ke leher sebelah kiri dan anggota tubuh lainnya. Meski mengalami luka bacokan, namun Munir berhasil menyelamatkan diri dari amukan anak kandungnya tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Sumsel Habiskan Rp30 Miliar Perbaiki Stadion Demi Piala Dunia U-20

2. Polisi dan warga bernegosiasi dengan pelaku

Pria di Muba Tikam Ibu Kandung Saat Mengaji Usai Tarawih di Masjid(Kepala desa Letang, Ufradi saat menunjukkan lokasi pembunuhan) IDN Times/Istimewa

Munir meminta tolong warga dan langsung mengevakuasi istrinya ke Rumah Sakit Sungai Lilin. Setelah itu, pelaku langsung pulang ke rumah dan duduk santai sembari bermain ponsel dengan pedang di genggamannya.

"Kami bersama warga langsung menghubungi Polsek dan bernegosiasi dengan pelaku selama hampir dua jam, agar pelaku melepaskan senjata tajam dan menyerahkan diri. Pelaku bersikeras sempat melukai petugas saat mencoba kabur ke dapur," terangnya.

3. Seorang polisi terluka

Pria di Muba Tikam Ibu Kandung Saat Mengaji Usai Tarawih di Masjid(korban pembunuhan di Desa Letang, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin) IDN Times/Istimewa

Kasat Reskrim Polres Muba, AKP Dwi Rio didampingi Kapolsek Babat Supat, Iptu Widya Bhakti Dira mengatakan, aparat Polsek Babat Supat terpaksa melumpuhkan kaki pelaku karena seorang petugas terluka diserang pelaku.

"Pelaku berhasil diamankan setelah kita lakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak di bagian kaki. Ia mengancam warga serta melukai anggota polisi," ujar Dwi Rio saat press release di Mapolres, Rabu (29/3/2023).

4. Pelaku bunuh diri membenturkan kepala ke dinding

Pria di Muba Tikam Ibu Kandung Saat Mengaji Usai Tarawih di MasjidDok. KBR.id

Polisi mengamankan barang bukti berupa sebilah parang, baju korban, dan kayu yang digunakan pelaku. Saat dilakukan penyidikan, pelaku kemudian mencoba bunuh diri dengan membenturkan kepalanya ke dinding dan akhirnya meninggal dunia.

"Usai membenturkan kepalanya, pelaku sempat dibawa petugas polsek ke rumah sakit. Namun di tengah perjalanan meninggal dunia," ucapnya.

Baca Juga: Pasal Kaki Terinjak dan Dendam, Seorang Pria Palembang Tewas Ditikam

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya