Petani Muara Enim Kaget Pulang Berkebun Temukan Istrinya Tewas

Pelaku ternyata anak korban yang mengalami gangguan jiwa

Muara Enim, IDN Times - Burhan (55) petani karet di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan (Sumsel), mengaku kaget saat menemukan Rohila (54) tewas dibunuh oleh putra mereka sendiri.

Putranya itu bernama Iwan Saputra (23), anak kandung dari Rohila. Usai buron selama lima hari, pelaku pun ditangkap oleh Polsek Gelumbang.

Baca Juga: Siswa Lahat Ditemukan Tewas di Gorong-Gorong, Diduga Korban Pembunuhan

1. Burhan pulang dari kebun untuk salat Subuh

Petani Muara Enim Kaget Pulang Berkebun Temukan Istrinya Tewas(Polsek Gelumbang saat mengamankan pelaku pembunuhan terhadap ibu kandungnya sendiri) IDN Times/Istimewa

Kapolsek Gelumbang, Iptu Rendy Novriady mengatakan, peristiwa itu berlangsung pada Sabtu (26/11/2022) sekitar pukul 05.30 WIB. Awalnya Burhan pamit ke kebun karet yang berjarak sekitar 50 meter dari rumahnya pada pukul 03.00 WIB. Sementara istrinya Rohila berada di rumah bersama anaknya.

"Pada pukul 05.30 WIB, Burhan memutuskan pulang ke rumah untuk salat subuh. Saat tiba di rumah, suami korban terkejut melihat istrinya sudah tewas di belakang rumah dengan kepala pecah,” ujar Rendy, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Perempuan Muda Tega Gorok Anak Kandungnya Berusia 10 Hari

2. Pelaku diduga mengalami gangguan jiwa

Petani Muara Enim Kaget Pulang Berkebun Temukan Istrinya TewasIlustrasi kasus pembunuhan. (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Melihat kondisi istrinya telah tewas membuat Burhan panik. Ia berteriak minta tolong sampai akhirnya warga sekitar keluar dan membantu mengevakuasi korban. Beberapa saat kemudian, polisi datang melakukan olah TKP. Sedangkan pelaku Iwan sudah menghilang dari rumah.

“Setelah itu kami terus menyelidiki keberadaan pelaku. Dari hasil keterangan pihak keluarga, pelaku ini mengalami gangguan jiwa dan memang tidak pernah keluar dari rumah,” jelasnya.

3. Pelaku terlihat linglung saat ditangkap polisi

Petani Muara Enim Kaget Pulang Berkebun Temukan Istrinya TewasIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat pencarian berlangsung, pelaku ditangkap petugas saat berada di Jalan Batubara KM 13, Desa Putak, Kecamatan Gelumbang, Muara Enim, Rabu (30/11/2022) kemarin. Tanpa perlawanan, pelaku yang terlihat linglung lalu dibawa ke Polsek untuk menjalani pemeriksaan.

“Motifnya masih diselidiki. Kejiwaan pelaku akan kami periksa untuk memastikan kondisinya,” tutup Kapolsek.

Baca Juga: Ayah-Anak Tersangka Pembunuhan, Dipicu Pembagian Uang Tak Merata 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya