Kalah Pilkades Ogan Ilir, Petahana Tutup Akses Jalan Setapak

Kapolres ingatkan calon Kades tak melanggar komitmen

Ogan Ilir, IDN Times - Seorang Kepala Desa (Kades) kalah dalam Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatra Selatan (Sumsel). Calon Kades petahana dari Desa Tebing Gerinting Utara, Irwansyah, langsung menutup jalan setapak yang berada tepat di belakang rumah bibinya.

Namun saat dikonfirmasi, Irwansyah membantah jika dirinya menutup jalan setapak tersebut. Irwansyah mengungkapkan, dirinya masih menjabat Kepala Desa dan beberapa ruas jalan setapak sudah dibangun, sehingga jalan tidak bergantung pada satu akses.

"Kalau orang lewat dari arah belakang atau samping rumah keluarga saya, masih ada jalan setapak lain. Lagi pula jalan setapak yang ditutup sekarang mungkin hanya dilalui lima kepala keluarga saja," ujarnya.

Baca Juga: Pilkades Ogan Ilir Ricuh, Mulai dari Penusukan dan Rusak Kotak Suara

1. Petahana tetap berhubungan baik dengan dua calon Kades lain

Kalah Pilkades Ogan Ilir, Petahana Tutup Akses Jalan Setapak(Penutupan akses jalan setapak yang dilakukan oleh keluarga Petahana Cakades, diduga karena mengalami kekalahan) IDN Times/Istimewa

Irwansyah juga menegaskan, hubungannya dengan dua calon Kades lain peraih suara terbanyak masih baik dan harmonis.

"Tidak ada hubungan penutupan jalan dengan Pilkades. Saya sama calon lain tetap baik, dengan tim pemenangan lain masih baik dan tidak ada masalah," tegas dia.

Baca Juga: Politikus Nasdem Muratara Ditodong Senpi Saat Pantau Pilkades

2. Kapolres ingatkan harus siap menang dan kalah

Kalah Pilkades Ogan Ilir, Petahana Tutup Akses Jalan Setapakhttps://www.kompasiana.com/amp/jhonyudh/5d141c9b097f366c1967

Kapolres Ogan Ilir (OI), AKBP Andi Baso Rahman, meminta para calon menerima hasil Pilkades serentak dan tidak melakukan hal-hal yang memicu konflik.

"Para calon Kades sudah kami kumpulkan untuk menyatukan persepsi, dan sama-sama memahami bahwa pada kontestasi Pilkades harus siap kalah dan menerima kekalahan," tegas Andi, Rabu (19/10/2022).

Meskipun kabar penutupan jalan setapak tersebut dibantah langsung oleh calon Kades bersangkutan, Andi tetap meminta para calon tidak melanggar komitmen saat dikumpulkan di Mapolres OI.

"Jadi kalau ada beberapa insiden setelah Pilkades seperti penusukan, penutupan jalan, atau perusakan kotak suara, ini sangat tidak komitmen," kata Andi.

3. Pihak yang terlibat konflik masih punya hubungan keluarga

Kalah Pilkades Ogan Ilir, Petahana Tutup Akses Jalan Setapak(Kondisi kotak suara yang rusak di Pilkades Kelampaian kabupaten Ogan Ilir) IDN Times/Istimewa

Pihaknya secara masif akan melakukan pendekatan terhadap calon yang kalah pada Pilkades. Menurutnya, Pilkades diharapkan tak memutuskan silaturahmi karena jabatan sebagai kades adalah amanah.

"Lagi pula pihak-pihak yang terlibat konflik setelah Pilkades diyakini masih memiliki hubungan keluarga. Sejauh ini situasi dan kondisi di Ogan Ilir terpantau kondusif, serta diharapkan langgeng hingga seterusnya," ungkapnya.

Baca Juga: Calon Kades di Betung OI Tewas Ditembak dan Dibacok OTD

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya