Comscore Tracker

Terjaring di Pelabuhan, 7 Pemudik Asal Sumsel Positif COVID-19

Dinkes Lampung laksanakan swab PCR untuk tujuh warga Sumsel

Lampung Selatan, IDN Times - Tujuh orang pemudik asal Sumatra Selatan (Sumsel) dinyatakan positif COVID-19, setelah terjaring pemeriksaan rapid antigen di area Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Para pemudik itu ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung untuk test swab PCR lanjutan. Menurut Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno, pihaknya memastikan seluruh pemudik masuk ke Pelabuhan Bakauheni harus bebas COVID-19.

"Untuk sampai hari ini, kita mendapatkan hasilnya tujuh positif (COVID-19). Sekarang pemudik sudah ditangani Dinas Kesehatan Lampung Selatan dan Lampung Tengah," ujar Hendro, Senin (17/8/2021).

1. Sudah 1.831 orang menjalani pemeriksaan rapid antigen secara random

Terjaring di Pelabuhan, 7 Pemudik Asal Sumsel Positif COVID-19Ilustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad yang juga Kepala Satuan Tugas Bantuan Operasi (Kasatgas Banops) pada Operasi Ketupat Krakatau 2021 menyampaikan, hingga hari kesepuluh pelaksanakan Operasi Ketupat Krakatau di tahun ini, pihaknya melakukan rapid tes antigen secara random kepada 1831 orang.

Hasilnya, 1.824 orang dinyatakan negatif. Sedangkan tujuh orang warga Sumsel dinyatakan positif terjangkit virus corona.

"Kita juga membagikan masker kepada masyarakat sebanyak 589 buah, selain itu, untuk penindakan pelanggaran travel gelap berupa tilang sebanyak 87 tilang," imbuh Pandra.

Baca Juga: Doni Monardo Ingatkan Pentingnya Penyekatan di Pelabuhan Bakauheni

2. Terjadi 27 kecelakaan lalu lintas saat Ops Ketupat Krakatau 2021

Terjaring di Pelabuhan, 7 Pemudik Asal Sumsel Positif COVID-19Apel Ops Ketupat Krakatau 2021 (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pandra mengungkapkan, Polda Lampung mencatat ada 27 kejadian kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan 11 orang meninggal dunia, luka berat 12 orang, dan luka ringan 20 orang.

Sedangkan kerugian materil akibat peristiwa laka lantas tersebut sudah mencapai Rp140 juta. "Data ini tercatat dari total 9 titik penyekatan di wilayah hukum Polda Lampung," ujar Pandra. 

3. Sebanyak 848 unit kendaraan diminta putar balik

Terjaring di Pelabuhan, 7 Pemudik Asal Sumsel Positif COVID-19Sebuah mobil berusaha putar balik keluar dari antrean kendaraan yang akan melewati titik pemeriksaan di perbatasan Kabupaten Gowa dan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/5/2020) (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Berdasarkan data Operasi Ketupat Krakatau 2021 dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung, periode 6-16 Mei 2021 di 9 pos penyekatan, kepolisian telah melakukan pemeriksaan kendaraan sebanyak 30.525 unit.

"Untuk kendaraan diminta putar balik, terhitung sebanyak 848 unit kendaraan," imbuhnya.
 
Terkait penyekatan arus balik, Pandra menjelaskan, dilakukan di pos jalan Tol Trans Sumatera pada rest area KM 172 B, rest area KM 87 B, rest area 20 B, dan pada jalan arteri Simpang Baruna, Pelabuhan BBJ, serta Pos Simpang Hatta. Khusus periode 15-16 Mei dari pukul 00.00-06.00 WIB, sebanyak 519 unit kendaraan diperiksa.

"Dari total itu ada yang diputar balik karena tidak dilengkapi dokumen sesuai Adendum Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 tahun 2021. Periode ini sebanyak 76 unit kendaraan," terang dia.

Baca Juga: Andika Kangen Band Diperiksa Polisi di Pelabuhan Bakauheni, Ada Apa? 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya