Respons Karhutla, PMI Muba Kirim Relawan dan Buka Posko Bencana

Salurkan bantuan sembako dari para donatur

Sekayu, IDN Times-Besarnya dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Desa Muara Medak, Kecamatan Bayunng Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel, membuat banyak pihak tergerak untuk bahu membahu memberikan bantuan.

Salah satunya dari Palang Merah Indonesia (PMI) Muba, yang langsung menerjunkan tim dan relawan ke pemukiman penduduk yang terpapar kabut asap akibat karhutla di Desa Muara Medak tersebut.

Tak hanya mengirimkan relawan, PMI Muba juga menyalurkan bantuan berupa sembako, air minum kemasan dan masker. Mereka juga sudah membuka posko bencana, serta begeriliya dari rumah ke rumah masyarakat yang terdampak karhutla.

Ketua PMI Muba Beni Hernedi melalui Ketua Bidang Bencana Ahmad Panpani mengimbau, untuk warga yang memiliki balita, sebaiknya diungsikan ke posko 2 Dusun 9 Desa Muara Medak, yang sudah disediakan ruang steril bebas kabut asap.

"Bantuan sembako didapat dari para donatur. Beberapa hari ini kita membuka posko di Dusun 8 Desa Muara Medak, dan akan terus menyisir masyarakat yang kena dampak kabut asap di daerah sini,” ungkapnya, saat berada di Dusun 9 Desa Muara Medak, Rabu (22/08).

Antusiasnya masyarakat di Desa Muara Medak saat tim PMI Muba tiba ditempat mereka, membuat relawan semakin semangat untuk membantu.

“PMI Muba yang menjalankan misi kemanusiaan di Desa Muara Medak dibantu perangkat desa, karang taruna dan masyarakat,” sambungnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Muara Medak, Marudut H Panjaitan menuturkan, tidak bisa berkata apa-apa lagi kecuali mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang dilakukan PMI Muba.

"Atas nama warga Desa Muara Medak mengucapkan terima kasih atas kepedulian PMI Muba yang membantu masyarakat yang terkena bencana. Kita berharap bantuan yang diberikan PMI Muba dapat bermanfaat,” tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya