Perusahaan di Muba Dituntut Komitmen Bantu Pengendalian Karhutla

Wabup Muba tawarkan kesepakatan pembagian wilayah

Sekayu IDN Times- Wakil Bupati (Wabup) Musi Banyuasin (Muba), Beni Hernedi, menuntut semua perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Muba, untuk menunjukkan komitmen lebih proaktif membantu pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bumi Serasan Sekate.  

"Ini bagian dari upaya penambahan kekuatan, karena kemampuan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Muba saja tidak akan mampu, menanggulanginya (kebakaran hutan dan lahan) apabila tidak didukung semua pihak," tegas Beni, saat mengumpulkan perwakilan perusahaan di Kantor Camat Bayung Lencir, Senin (19/8).

Dalam rapat tersebut, Beni menawarkan kesepakatan pembagian wilayah tiap perusahaan, dalam pencegahan dan pengendalian Karhutla, terutama di kecamatan-kecamatan yang rawan kebakaran.

"Kesepakatan ini nantinya akan kita bentuk payung hukumnya," kata dia.

Beni melanjutkan, hal itu dilakukan menyusul pada Karhutla yang tengah terjadi di Kecamatan Bayung Lencir, dan kecamatan lainnya, dengan luasan lahan terbakar yang cukup luas.

"Selama 29 hari ini wilayah kita tidak hujan. Hari ini di seluruh kecamatan telah melaksanakan Salat Istisqa, meminta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa menurunkan hujan dengan harapan dapat membasahi lahan yang kering dan mudah terbakar," ujarnya.

Sementara, perwakilan dari PT Hindoli, Joko Pranoto, mengapresiasi saran dari Wabup Muba terkait clusterisasi pengendalian Karhutla tersebut.

"Clusterisasi sangat penting bagi kita (perusahaan) supaya area yang rawan kebakaran bisa terpantau," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya