DPP Demokrat Tunjuk Muchendi Mahzareki Jabat Wakil Ketua DPRD Sumsel

DPD Sumsel rekomendasikan lima nama calon pimpinan

Palembang, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat resmi menunjuk Muchendi Mahzareki sebagai pimpinan pada Wakil Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2019-2024. 

Menurut Ketua Badan Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi (BPOKK) Partai Demokrat Sumsel, Firdaus Hasbullah, dari tujuh kursi untuk calon pimpinan DPRD di tingkat Sumsel, baru satu yang sudah diputuskan melalui rapat majelis tinggi, yaitu kursi pimpinan DPRD  Sumsel. 

“Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan satu per satu proses penentuan pimpinan DPRD di Sumsel. Untuk pimpinan DPRD Provinsi Sumsel periode 2019-2024 adalah Muchendi Mahzareki sebagai Wakil Ketua DPRD Sumsel dan MF Ridho sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat,” katanya, Kamis (29/8).

Firdaus melanjutkan, setelah menetapkan Pimpinan DPRD Sumsel, berikutnya akan menyusul 6 kabupaten/kota lain, yakni Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Muaraenim, Musi Rawas Utara (Muratara), Palembang dan Lahat. “Untuk yang lain akan menyusul, karena saat ini sudah masuk dalam proses finalisasi,” katanya.

Firdaus mengungkapkan, proses seleksi calon pimpinan DPRD Sumsel dari Partai Demokrat ini dimulai dari tahapan rekomendasi, hingga pada tahapan penetapan oleh DPP Partai Demokrat.

"Dari DPD Partai Demokrat Sumsel sendiri mengajukan beberapa nama calon Waki Ketua DPRD Sumsel, yakni Muchendi, Azmi Sofix, Gani Subit, Chairul S Matdiah dan MF Ridho," ungkapnya.

Sementara, Ketua Komisi Pemenangan Pemilu (KPP) Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki menjelaskan, faktor yang menjadi pertimbangan DPP dalam menetapkan calon pimpinan, selain meraih suara terbanyak, juga punya pengalaman dan aktif sebagai pengurus DPD partai Demokrat.

“Diantara caleg Demokrat suara terbanyak diraih Azmi Sofik dengan 33 ribu dari dapil OKU Timur, saya nomor dua dengan jumlah suara 31 ribu, ya kalau ditunjuk (pimpinan DPRD Sumsel) bersyukur, tidak jadi pimpinan juga bersyukur. Karena jadi wakil ketua itu amanah dari partai, jadi atau tidak ya syukuri,” jelasnya.

Muchendi menuturkan, untuk menetapkan pimpinan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota memang dari DPP Partai Demokrat. Kalau pada tingkat DPRD Kabupaten, ada dua potensi jadi Ketua DPRD, yakni Palembang dan OKU Selatan.

"Untuk DPC merekomendasikan satu atau lebih ke DPD, lalu dari DPD melakukan rapat untuk merekomendasikan nama-nama untuk dibawa ke DPP untuk menetapkan siapa yang jadi pimpinan DPRD. Masa proses tersebut akan dilakukan usai pelantikan,” tandasnya.

Baca Juga: Lolos ke DPRD, Kader Demokrat Sumsel Diminta Jalankan Instruksi DPP

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya