Bawa Misi Kebudayaan, Pelindo Pilih 20 Pelajar Berprestasi Sumsel 

Program Siswa Mengenal Nusantara tahun 2019

Palembang, IDN Times-Sebanyak 20 siswa berprestasi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dipilih PT Pelindo II / IPC Cabang Palembang, guna mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2019, satu bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri 2019.

General Manager IPC Palembang, Agus Edi Santoso mengatakan, 20 siswa dan siswi itu terpilih setelah melalui tes potensi akademik, tes minat dan bakat serta tes wawancara. 

"Para peserta mewakili SMA-SMA yang ada di Sumsel dan akan berangkat ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, agar semakin mengenali nusantara," ujar Agus Edi. 

1. Pilih peserta sesuai keahlian bakat seni

Bawa Misi Kebudayaan, Pelindo Pilih 20 Pelajar Berprestasi Sumsel IDN/istimewa

Menurut Agus, seleksi yang dilaksanakan pada 18-19 Juli 2019 oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel dan PT Pelindo II, memilih peserta berdasarkan keahlian bakat dan seni, seperti menari, bernyanyi, dan berpuisi. Karena para peserta membawa misi kebudayaan selama di Kalimantan Tengah. 

"Penting bagi siswa untuk mengenalkan budaya Sumsel dan mempelajari kebudayaan di Kalimantan Tengah, agar semakin timbul rasa persatuan Indonesia, sebagaimana misi yang ingin dihadirkan BUMN Untuk Negeri," ujarnya. 

2. Peserta bisa menampilkan keahlian sesuai potensi

Bawa Misi Kebudayaan, Pelindo Pilih 20 Pelajar Berprestasi Sumsel IDN/istimewa

Setelah itu, ungkap Agus, nantinya peserta yang lulus bisa membawakan semua jenis budaya sesuai potensi yang mereka miliki.

"Mulai dari lagu-lagu, tari-tarian tradisional, kuliner, sastra daerah, sejarah budaya, hingga songket," ungkapnya.
 
Sementara 10 siswa lainnya akan mendampingi siswa dari Kalimantan Tengah selama berada di Palembang.   

3. Tiga siswa SLBN Lubuklinggau turut menjadi peserta SMN 2019

Bawa Misi Kebudayaan, Pelindo Pilih 20 Pelajar Berprestasi Sumsel IDN/istimewa

Selain itu, terang agus, turut menjadi peserta SMN 2019 tiga siswa penyandang disabilitas yakni Rita Melisa, Barin Khairul, dan Reza wulandari, ketiganya berasal dari Sekolah Luar Biasa Nasional (SLBN) Lubuklinggau. 

"Mereka akan berangkat ke Jakarta pada 14 Agustus bergabung dengan siswa pilihan dari Kalimantan Tengah, untuk menerima materi pembekalan dari PT Pelindo selama mengikuti program SMN 2019, baru kemudian berangkat ke Kalteng," terangnya. 

Baca Juga: Resmi, Gubernur Sumsel Bekukan SMA Taruna Indonesia   

4. Peserta SMN dari Kalteng tiba di Palembang pada 15 Agustus

Bawa Misi Kebudayaan, Pelindo Pilih 20 Pelajar Berprestasi Sumsel IDN/istimewa

Agus melanjutkan, para peserta SMN dari Kalimantan Tengah akan tiba di Kota Palembang pada 15 Agustus akan mengikuti serangkaian kegiatan  hingga kembali lagi ke Kalimantan Tengah pada tanggal 22 Agustus 2019.

20 siswa yang lolos tersebut, Rika Agustin (SMAN 1 Sekayu), Mutiara Khusnul Khatimah (SMAN Sumsel), Sultan Har Ray (SMAN Sumsel), David (SMAN 1 Banyuasin), Abidah Maharani (SMAN 2 OKU), Revina Annisa Fitri (SMAN 4 Kayuagung), Figo Dwi Purnama (SMAN 1 Talang Ubi), Suratmiani (SMAN 1 Kota Agung), Thifal Augista Ristyanda (SMAN 2 Muara Enim), Mia Puja Andini (SMAN 1 Tanjung Raja). 

Hikmal Akbar (SMAN Surulangun), Dora Gusti Khairunnisa (SMAN 4 Unggulan Pagaralam), Gusti Alamsyah (SMAN 2 Unggulan Muara Beliti), Nurtia Ningsih (SMAN 1 Belitang III), Richi Aryia Hidayatullah (SMAN 1 Tebing Tinggi), Restu Pamungkas (SMAN 1 Prabumulih), Thesa Fitriani (SMAN 2 Unggulan Muara Beliti), Yolanda Eka Pratiwi (SMAN 1 Lubuklinggau) dan Regina Ayu Pangestu (SMAN OKU Selatan).   

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya