Wakil Bupati OKU Selatan Positif COVID-19, Jalani Isolasi di Palembang

Wabup terakhir hadiri peresmian masjid

Palembang, IDN Times - Setelah ditetapkan sebagai zona hijau atau wilayah tanpa sebaran kasus positif COVID-19 selama berapa pekan, Wakil Bupati (Wabup) OKU Selatan justru yang pertama terkonfirmasi sebagai pasien.

Sholehien Abuasir terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil swab atau PCR-nya keluar dan diumumkan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

"Kami menerima informasi tersebut dari Tim Gugus Tugas Sumsel bahwa SA, Wakil Bupati OKU Selatan terkonfrimasi positif berdasarkan hasil swab. Saat ini beliau menjalani isolasi di Palembang," ungkap Jubir Gugus Tugas OKU Selatan, Marlis Abadi, Kamis (16/7/2020).

1. Hasil swab Wakil Bupati OKU Selatan sudah keluar 14 Juli 2020 lalu

Wakil Bupati OKU Selatan Positif COVID-19, Jalani Isolasi di PalembangPedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti rapid test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Soelihin Abuazir memeriksakan diri usai merasakan kurang enak badan pada 9 Juli 2020 lalu. Ia berangkat ke Palembang satu hari sebelumnya. Selang beberapa hari atau tepatnya 14 Juli kemarin, hasil swab Soelihin keluar dan dinyatakan positif.

Kini Soelihin masih menjalani isolasi di rumah sakit. "Beliau di isolasi di RS Siloam Palembang," jelas Marlis.

Baca Juga: Judi Hingga ISIS, Sederet Kasus Besar Garapan Prasetyo di Polda Sumsel

2. Keluarga, ajudan, dan sopir turut isolasi mandiri

Wakil Bupati OKU Selatan Positif COVID-19, Jalani Isolasi di PalembangPedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti swab test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Marilis mengungkapkan, keluarga Wakil Bupati OKU Selatan juga menjalani isolasi di rumah pribadi di Palembang. Pihaknya juga langsung melakukan tracing ke orang-orang terdekat Soelihin seperti ajudan pribadi hingga sopir.

"Semua di-tracing, kita lihat ke belakang hingga 8 Juli, siapa saja yang pernah kontak langsung dengan beliau. Mereka juga sudah kita minta melakukan isolasi mandiri," jelas dia.

Baca Juga: Positif COVID-19 Sumsel Naik 13 Persen, Palembang Malah Zona Oranye

3. Soelihin sempat resmikan masjid

Wakil Bupati OKU Selatan Positif COVID-19, Jalani Isolasi di PalembangIlustrasi rapid test (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Selama dua pekan ke belakang, Soelihin melaksanakan tugas kedinasan sebagai Wakil Bupati OKU Selatan. Dari situ jgua diketahui jika ia sempat meresmikan masjid di Desa Sugiwaras, Kecamatan Buay Runjun. Warga yang sempat kontak langsung pun tidak luput dari pemeriksaan.

"Tetap akan kita telusuri ke warga yang kontak langsung dengan beliau" jelas dia.

Langkah lain juga diambil Gugus Tugas OKU Selatan, seperti melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah dinas dan ruang kerja di Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

"Untuk ruang kerja, dan tempat lain akan kita seterilkan dengan menyemprotkan disinsfektan," beber dia.

Baca Juga: TVRI Sumsel Terapkan Lockdown Sepekan Usai Karyawan Terpapar COVID-19

4. Jumlah kasus positif di Sumsel sampai hari ini

Wakil Bupati OKU Selatan Positif COVID-19, Jalani Isolasi di PalembangPedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti rapid test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Perkembangan COVID-19 di Sumsel terus bertambah. Hari ini saja, Gugus Tugas Sumsel mengumumkan penambahan 45 kasus positif baru. Mereka berasal dari berbagai wilayah seperti Palembang sebanyak 21 orang, Ogan Ilir sembilan orang, Banyuasin enam orang, Muba empat orang, PALI dua orang, dan masing-masing satu orang tersebar di Muara Enim, Lahat, serta Empat Lawang.

"Total positif di Sumsel ada 2.829 kasus, selesai penanganan 1.516 kasus. Sedangkan kasus aktif masih dalam proses perawatan ada 1.313 orang," tandas Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Sumsel Naik 13 Persen Selama 2 Pekan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya