Wabah Corona Mulai Cemaskan Perusahaan Penerbangan Dalam Negeri 

Perusahaan airline luar sudah mulai lakukan PHK

Palembang, IDN Times -Maskapai penerbangan Indonesia mulai merasakan dampak dari mewabahnya virus corona. Akibat virus tersebut berkembang di sejumlah negara di dunia dan di tanah air sendiri, membuat bisnis penerbangan menjadi lesu.

Hal itu diakui Branch Manager Sriwijaya Group Distrik Palembang, Yudo, bahwa wabah virus corona benar-benar membuat kondisi penerbangan seolah tak bertenaga. Dampak bagi mereka, saat ini Sriwijaya Group sudah memangkas penerbangan internasional ke sejumlah kawasan Tiongkok.

"Semua ini karena terjadi wabah corona. Jadi kami juga merasakan dampaknya, seperti beberapa rute penerbangan ke Tiongkok yang dihentikan hingga 31 Maret mendatang," ujar Yudo, dalam Rapat Koordinasi penanggulangan dan Pencegahan Corona di Palembang, Selasa (3/2).

1. Wabah Corona ditakutkan berdampak ke kondisi penerbangan dalam negeri

Wabah Corona Mulai Cemaskan Perusahaan Penerbangan Dalam Negeri Penerbangan dari SMB II (IDN Times/Rangga Erfizal)

Yudo mengungkapkan, yang terganggu itu bukan hanya penerbangan domestik saja, namun beberapa perusahaan airline dari Singapura dan Jepang mulai merugi akibat wabah corona. Dampak terburuk maskapai tersebut akhirnya memilih pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Kondisi ini (PHK) yang di takutkan merembet ke penerbangan dalam negeri. Kita tahu wabah corona berdampak, yang di takutkan penerbangan domestik juga mulai terpengaruh," ungkap dia.

2. Sriwijaya Air mulai berlakukan diskon 50 persen untuk antisipasi melemahnya kondisi ekonomi

Wabah Corona Mulai Cemaskan Perusahaan Penerbangan Dalam Negeri Kondisi bandara SMB II (IDN Times/Rangga Erfizal)

Untuk meningkatkan daya beli masyarakat, Yudo menuturkan, sudah ada kebijakan yang diambil pemerintah beserta maskapai, dengan memberi diskon penerbangan ke 10 destinasi wisata di Indonesia. Bagi Sriwijaya Group, kebijakan itu baru diberlakukan hari ini.

"Mulai hari ini beberapa kota tujuan wisata seperti Yogyakarta, Makasar, Tanjung Pinang, dan beberapa kota lain kita berikan diskon 50 persen. Kami harap masalah corona segera berakhir," tutur dia.

Baca Juga: Pemeriksaan Pasien Diduga Corona di Palembang Tunggu Hasil Litbangkes 

3. Erupsi Gunung Merapi juga bisa mengganggu penerbangan

Wabah Corona Mulai Cemaskan Perusahaan Penerbangan Dalam Negeri Erupsi Gunung Merapi (IDN Times / Larasati Rey)

Masalah lainnya, tambah Yudo, terjadi setelah erupsi Gunung Merapi di wilayah Yogyakarta, sehingga penerbangan ke Solo ikut terdampak. Pihaknya berharap agar erupsi tidak menyebar hingga mengganggu penerbangan di Indonesia.

"Kami harap erupsi ini tidak sampai ke daerah lainnya sehingga penerbangan masih dapat dilakukan," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya