Comscore Tracker

Viral Hasil Antigen Berbeda, Bandara SMB II Akui Kesalahan Sistem  

Seorang pria mengamuk karena hasil antigen bandara positif

Palembang, IDN Times - Seorang penumpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mengamuk karena hasil rapid antigen menyatakan dirinya positif COVID-19. Padahal, hasil tes di faskes lain ia justru negatif.

Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II, Tommy Ariesdianto, membenarkan kejadian yang viral di media sosial tersebut. Menurut Tommy, peristiwa itu terjadi karena salah paham antara penumpang dengan petugas farmalab akibat kesalahan sistem.

"Dari hasil konfirmasi bahwa terdapat kesalahan input hasil Antigen oleh petugas Farmalab. Pada saat itu terdapat sistem jaringan yang tidak stabil," ujar Tommy Ariesdianto kepada IDN Times, Senin (31/5/2021).

1. Akui kesalahan sistem dan human error

Viral Hasil Antigen Berbeda, Bandara SMB II Akui Kesalahan Sistem  Situasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurutnya, pihak Farmalab yang dikonfirmasi telah menjelaskan perkara kesalahan sistem input data antigen. Menurutnya, hal itu bisa terjadi karena human error. Pihak Farmalab selaku penanggung jawab telah meminta maaf kepada penumpang yang bersangkutan.

"Pihak customer juga sudah memaafkan atas kejadian itu, dan meminta kasus ini tidak diviralkan," ujar dia.

Baca Juga: Hasil Tes Antigen Berbeda, Pria Palembang Ngamuk di Bandara Viral

2. Penumpang diminta untuk konfirmasi hasil pemeriksaan ke petugas

Viral Hasil Antigen Berbeda, Bandara SMB II Akui Kesalahan Sistem  Hasil antigen berbeda Pria di Palembang Ngamuk di Bandara SMB II (IDN Times/istimewa)

Menurutnya, para penumpang yang akan bepergian menggunakan transportasi udara memang diwajibkan melakukan tes kesehatan sesuai aturan. Namun penumpang diminta memeriksa kembali hasil yang telah dikeluarkan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengecekan kembali, atau melakukan konfirmasi hasil antigen yang positif kepada petugas," jelas dia.

3. Penumpang positif antigen diminta tes PCR

Viral Hasil Antigen Berbeda, Bandara SMB II Akui Kesalahan Sistem  Ilustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Secara aturan, jika penumpang kedapatan positif maka diminta tes lanjutan untuk benar-benar memastikan hasilnya. Menurut Tommy, hasil tersebut akan dikonfirmasi melalui tes Polymarese Chain Reaction (PCR).

"Dan apabila benar benar hasilnya positif akan diminta melakukan pemeriksaan PCR sesuai ketentuan yang berlaku," tutup dia.

4. Peristiwa viral itu terjadi kemarin

Viral Hasil Antigen Berbeda, Bandara SMB II Akui Kesalahan Sistem  Hasil antigen berbeda Pria di Palembang Ngamuk di Bandara SMB II (IDN Times/istimewa)

Kejadian viral tersebut terjadi, Minggu (30/5/2021) sekitar pukul 10.40 WIB. Penumpang yang berencana pergi menggunakan pesawat terbang tidak terima hasil antigen dinyatakan positif oleh petugas Farmalab.

Video berdurasi 3 menit tersebut menjadi buah bibir, lantaran penumpang yang bersangkutan melakukan tes di fasilitas kesehatan (faskes) lain. Hasilnya pun berbeda dan dinyatakan negatif.

Baca Juga: Perempuan Paru Baya Ditemukan Tewas di TPU Soak Simpur Palembang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya