Viral ASN OKU Punya 83 Gelar; Berkarier Sejak Honorer Hingga Sekda

Sebagai ASN, ia sudah menjadi Pembina Utama/IVE

Palembang, IDN Times - Warganet dihebohkan dengan gelar pendidikan dan profesi yang dimiliki oleh Sekertaris Daerah Ogan Komering Ulu (Sekda OKU), Dr. Drs. Ir. Achmad Tarmizi, S.E., S.H., S.T., M.T., M.Si., M.H., M.Pd., PhD (HC).

Achmad Tarmizi pun memecahkan Rekor Museum Indonesia (Muri) pada 2021 silam, dengan kategori Sekda yang memiliki gelar akademik dan non akademik terpanjang. Pria kelahiran Palembang, 9 Juni 1966 silam tersebut, menjadi satu-satunya orang yang memiliki 11 gelar akademik dan 72 gelar profesi, sehingga total 83 gelar.

"Saya membekali diri dengan belajar hingga saat ini. Semangat belajar semakin membara tatkala saya diterima sebagai CPNS guru," ungkap Tarmizi dalam unggahannya di Instagram.

Baca Juga: Ribuan ASN dan Honor Palembang Mengeluh Belum Terima Gaji

1. Mengawali karier sebagai guru honorer

Viral ASN OKU Punya 83 Gelar; Berkarier Sejak Honorer Hingga SekdaSekda Kabupaten Ogan Komering Ulu Achmad Tarmizi (Dok: istimewa)

Mengawali karier sebagai guru honorer akhirnya Tarmizi diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 1995 silam. Tarmizi malang melintang di dunia pendidikan dengan menjadi Kepala SMA Muhammadiyah 2 Baturaja, Kepala SMK Imam Bonjol Baturaja, dan Kepala SMK Negeri 3 OKU.

Dengan prestasinya, Tarmizi ditarik ke Dinas Pendidikan (Disdik) OKU sebagai Sekertaris pada 2008 silam. Setahun berselang, ia dipercaya menjadi Kepala Disdik OKU pada 2009 hingga 2017.

Achmad Tarmizi kemudian dipercaya menjadi Sekda pada 2017 silam hingga sekarang. Kerjanya mengakomodir seluruh ASN dan membantu kepala daerah dalam menjalankan kebijakan di wilayah OKU.

"Berbekal semangat dan haus akan ilmu pengetahuan hingga mengantarkan saya menjadi Sekda OKU," jelas dia.

Baca Juga: Tak Masuk Pendataan BKN, Puluhan Honorer Muba Cegat Pj Bupati

2. Muri apresiasi capaian pendidikan Tarmizi

Viral ASN OKU Punya 83 Gelar; Berkarier Sejak Honorer Hingga SekdaSekda Kabupaten Ogan Komering Ulu Achmad Tarmizi (Dok: istimewa)

Tarmizi merupakan sosok yang gemar belajar hingga membuat dirinya menjadi Sekda dengan gelar terbanyak di Indonesia. Tarmizi merupakan alumni SD Negeri 78 Palembang tahun 1979, SMP Negeri 8 Palembang tahun 1982, dan SMA Negeri 5 Palembang tahun 1985.

Selepas masa pendidikan menengah atas, Achmad Tarmizi melanjutkan pendidikan ke Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya (Unsri) dan lulus pada 1991. Tarmizi pun kembali menempuh pendidikan S2 Fakultas Teknik Mesin di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2003.

Meski sibuk menjadi ASN, Tarmizi terus belajar di perguruan tinggi dan mengambil jurusan Ekonomi di Universitas Terbuka (UT) pada 2004. Setelah itu Tarmizi kembali mengambil S2 di STIA Yappann Jakarta dengan bidang ilmu Administrasi Pendidikan pada 2013.

Ia mengambil gelar doktor di Unsri dengan Jurusan Agribisnis pada 2012. Ia juga mengambil S1 Ilmu Hukum (FISIP) di Universitas Terbuka Jakarta pada 2020, lalu S2 Universitas Muhammadiyah Palembang Ilmu Hukum (Pasca Sarjana) pada 2019.

Selanjutnya mengamhil gelar profesi di Universitas Lampung Program Profesi Insinyur 2019. Kemudian S2 Manajemen Pendidikan di Universitas PGRI Palembang pada 2020, dan S1 Teknik Mesin Universitas Saburai Lampung pada 2021.

"Sebagai sekretaris daerah, saya menamatkan berbagai program studi seperti Teknik Mesin, Ekonomi, Manajemen, Agribisnis, Hukum, dan Manajemen Pendidikan," dalam unggahan Muri.

3. Tarmizi sempat menjadi Bupati OKU

Viral ASN OKU Punya 83 Gelar; Berkarier Sejak Honorer Hingga SekdaSekda Kabupaten Ogan Komering Ulu Achmad Tarmizi (Dok: istimewa)

Dilansir dari situs Pemkab OKU, Achmad Tarmizi juga mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Presiden RI berdasarkan Keputusan Presiden nomor 00037/KEP/AA/15001/ 22. Kenaikan Pangkat Pembina Utama/IVE.

Dengan kenaikan pangkat yang luar biasa tersebut, Tarmizi mencapai strata tertinggi sebagai ASN. Dalam jajaran birokrasi Pemprov Sumsel saat ini, hanya Achmad Tarmizi yang berpangkat Pembina Utama/IVE.

Tarmizi bahkan sempat menjadi Pelaksana harian (Plh) Bupati OKU saat pelaksanaan Pilkada pada 2020 silam.

4. Berikut gelar akademik dan non akademik Achmad Tarmizi

Viral ASN OKU Punya 83 Gelar; Berkarier Sejak Honorer Hingga SekdaIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Berikut ini daftar gelar yang dimiliki oleh Achmad Tarmizi:

11 Gelar Akademik

Dr. Drs. Ir. S.E., S.H., S.T., M.T., M.Si., M.H., M.Pd., PhD (HC).

72 Gelar Non Akademik

CH, CHt, CHA, NNLP Pract, M.NNLP, CT.NNLP, CPHCM, HCBP, HCMP, CNHRP, CNPSP, CT.NPS, CHMP, CT.HM, CHLP, CT.HL, CHSP, CT.HS.

CNSPP, CT.NSP, CNBLP, CT.NBL, CNSHP, CT.NSH, CNSCP, CT.NSC, CHPP, CT.HP, CNTP, CNICP, CT.NIC, CRBC, AWP, QWP, CTOT,

CHRMP, C.SH, IPU, C. STMNI. Int’l, CPS, CPSP, CLA, C.PW, CSHWP, C.IB, CTAP, RFP, CPR, C.MARCOM, C.HRD, C.NLMOR, C.FH., CMFH, C.MMI.

CT.MMI, CT-ALC, C.MGR, CSS.ALC, C.Pst, C.Ext, C.Hs, C.IT, C.AT, C.ME, C.Spk, C.CC, C.LA-ALC, C.LSc, CRBD, CT.NHT, CT.NHR, ASEAN Eng.

Baca Juga: Akun Facebook Wako Lubuk Linggau Putra Sohe Diretas

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya