[UPDATE] Bayi 4 Bulan Positif Corona Asal Muara Enim Dinyatakan Sembuh

Kasus pertama OKUT sudah meninggal satu pekan

Palembang, IDN Times - Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Sumatea Selatan (Sumsel), mengkonfirmasi penambahan pasien sembuh hari ini sebanyak tujuh orang, sehingga total pasien sembuh di Sumsel sudah menjadi 43 orang. 

Salah satu pasien yang sembuh, diketahui merupakan seorang bayi perempuan berusia empat bulan yang sempat dinyatakan positif dua pekan lalu, dan sempat diisolasi di rumah sakit umum pusat Dr. Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang.

"Pasien sembuh kembali bertambah hari ini menjadi tujuh orang. Salah satunya bayi asal Muara Enim. Hari ini dia sudah dinyatakan sehat dan kembali ke kota asalnya," ungkap Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumsel, Yusri, Senin (4/5).

Baca Juga: Surat PSBB Sudah di Pemprov, Sekda Palembang: Besok Diproses Menkes

1. Sejak dirawat bayi asal Muara Enim sehat

[UPDATE] Bayi 4 Bulan Positif Corona Asal Muara Enim Dinyatakan SembuhRuang periksa pasien terduga COVID-19 di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kondisi bayi empat bulan itu menunjukkan perkembangan signifikan, meski dirinya dalam kondisi sehat sejak dirawat pertama kali. Namun karena terdeteksi virus, dirinya harus terus diawasi selama dua pekan terakhir.

"Jadi dari tujuh orang yang sembuh itu ada dari Muara Enim satu orang, OKU dua orang, Prabumulih tiga orang, dan Banyuasin satu orang," jelas dia.

Baca Juga: Astaga! Bayi 4 Bulan di Sumsel Positif Corona

2. Pasien pertama OKU Timur sudah meninggal sepekan lalu

[UPDATE] Bayi 4 Bulan Positif Corona Asal Muara Enim Dinyatakan SembuhIlustrasi pemakaman jenazah COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Sedangkan untuk pasien terbaru yang dinyatakan positif kemarin asal Kabupaten OKU Timur, diketahui sudah meninggal sepekan yang lalu. Pasien tersebut awalnya adalah pasien dalam pengawasan (PDP) yang mendapat perawatan.

Namun hasil laboratorium yang bersangkutan baru keluar seminggu setelah pasien berusia 44 tahun itu dinyatakan meninggal. "Pasien nomor 177 adalah laki-laki berusia 44, kita baru mendapatkan konfirmasi jika hasil laboratoriumnya keluar kemarin," tegas dia.

Baca Juga: [Update] Perdana Pasien Positif OKU Timur, Petugas Selidiki Penularan

3. Sumsel nihil penambahan kasus positif hari ini

[UPDATE] Bayi 4 Bulan Positif Corona Asal Muara Enim Dinyatakan SembuhPeralatan rapid test untuk uji sampel COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Dari data Gugus Tugas, tidak ada penambahan kasus positif COVID-19 hari ini, Senin (4/5). Dari total 1.151 sampel yang telah diperiksa oleh BBLK Palembang, ada 796 sampel orang tanpa gejala (OTG), 285 PDP dan 70 orang dalam pantauan (ODP).

Untuk kasus keseluruhan ODP saat ini mencapai 4.210 orang, selesai pemantauan 3.236 orang, dan masih dalam pemantauan 974 orang. Sedangkan PDP saat ini ada 253 orang, di mana 133 orang telah dinyatakan negatif dan 120 orang lagi masih dalam pengawasan.

"Untuk kasus PDP Sumsel beberapa hari terakhir stabil di angka sekitar 10 orang per hari. Sedangkan sampel keseluruhan yang masih diproses sampai hari ini ada 744 orang," tutup dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan COVID-19 di Sumsel yang Kian Meresahkan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya