TVRI Sumsel Terapkan Lockdown Sepekan Usai Karyawan Terpapar COVID-19

TVRI koordinasi dengan Gugus Tugas Sumsel

Palembang, IDN Times - Kantor TVRI Sumatra Selatan (Sumsel) mengambil langkah lockdown selama sepekan, usai salah satu karyawannya terkonfirmasi positif COVID-19 dan meninggal dunia. Karyawan TVRI tersebut meninggal usai menjalani perawatan di Rumah Sakit Charitas Palembang pada Sabtu, 11 Juli 2020 pukul 03.00 WIB.

Diketahui karyawan yang berusia 49 tahun itu meninggal dunia saat masih berstatus suspek. Usai pemeriksaan sampel selama tiga hari, hasilnya dinyatakan positif COVID-19. Ia pun telah dimakamkan dengan standar protokol kesehatan di pemakaman khusus COVID-19 di kawasan Gandus, Palembang.

"Kami mengambil kebijakan Work From Home (WFH) bagi seluruh karyawan TVRI selama seminggu. Tetapi untuk persoalan administrasi tetap berjalan," ungkap Kepala Stasiun TVRI Sumsel, Sukirman, Rabu (15/7/2020).

1. TVRI berkoordinasi dengan Gugus Tugas Sumsel

TVRI Sumsel Terapkan Lockdown Sepekan Usai Karyawan Terpapar COVID-19Polyclinic jakabaring palembang tempat pasien tes swab (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sukirman mengatakan, pihaknya mengupayakan rapid tes dan swab bagi karyawan TVRI Sumsel, agar kasus dapat di-tracing dan bisa ditindaklanjuti. Menurutnya, rapid tes dan swab diharap dapat mengurangi beban psikologis karyawan.

"Kita akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Provinsi dan Palembang, agar sebagian karyawan kita dilakukan swab test," jelas dia.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Sumsel Naik 13 Persen Selama 2 Pekan

2. TVRI Sumsel akui siaran akan terganggu

TVRI Sumsel Terapkan Lockdown Sepekan Usai Karyawan Terpapar COVID-19Pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti rapid test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Selama masa lockdown kantor TVRI, Sukirman menjelaskan, tayangan televisi akan terganggu. Pihaknya akan menampilkan berita-berita nasional. Sedangkan untuk lokal sementara waktu akan dihentikan sampai waktu yang kondusif.

"Yang sifatnya news terganggu karena kami hanya melayani news nasional. Sedangkan untuk lokal kita setop, dan diganti dengan yang siap tayang," beber dia.

3. TVRI Sumsel siapkan protokol kesehatan setelah lockdown

TVRI Sumsel Terapkan Lockdown Sepekan Usai Karyawan Terpapar COVID-19(Logo baru TVRI) www.twitter.com/@TVRINasional

Selama satu pekan lockdown, sejak hari ini, pihak TVRI Sumsel akan terus berkoordinasi dengan Direktur Utama TVRI Imam Brotoseno. Menurutnya juga, ke depan pihak TVRI akan menjalankan protokol kesehatan yang ketat ketika kantor sudah kembali buka.

"Kita lihat keadaan yang jelas, tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19," jelas dia.

Baca Juga: Menkes Ganti Istilah Penamaan COVID-19, Ini Kata Dinkes Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya