Tol Kayuagung-Palembang-Kapal Betung Ditarget Rampung Tahun 2020

Bakal diresmikan Presiden Joko Widodo

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru menyatakan, proses pengerjaan tol Kayuagung-Palembang-Kapal Betung di target selesai tahun 2020 mendatang. 

"Untuk tahap pertama sudah selesai setengah, bahkan sudah digunakan untuk mudik lebaran pada Mei lalu. Pihak Waskita Karya selaku penanggung jawab proyek terus mengebut pembangunannya," ujarnya, Senin (22/7). 

1. Masyarakat Sumsel butuh untuk percepat penyaluran logistik

Tol Kayuagung-Palembang-Kapal Betung Ditarget Rampung Tahun 2020IDN Times/Rangga Erfizal

Herman Deru melanjutkan, masyarakat Sumsel memang sangat membutuhkan jalan tol ini, untuk mempercepat penyaluran logistik, dan juga memecah kemacetan di ruas jalan nasional.

"Kalau Palembang-Kayuagung sudah selesai, walau masih exit tol sementara di Jakabaring. Karena harus melanjutkan jembatan Keramasan, kemudian ke jembatan Pulokerto (Musi III). Jadi tinggal lanjutan pembangunan Palembang-Betung," ujarnya.

2. Utamakan pembangunan akses infrastruktur

Tol Kayuagung-Palembang-Kapal Betung Ditarget Rampung Tahun 2020IDN Times/Rangga Erfizal

Saat rapat terbatas bersama Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeldjono beberapa waktu lalu, Herman Deru sudah membiacarakan rencana percepatan pembangunan tol tersebut. Keinginan Pemprov Sumsel melakukan percepatan pembangunan ditanggapi positif, dan didukung penuh.

"Pembangunan tol yang utama sekarang adalah pembangunan akses infrastrukturnya. Sedangkan untuk akses pendukung, seperti rest area dapat dilakukan setelah tol selesai. Yang penting logsegmen bisa terbangun dulu, baru lainnya seperti rest area menyusul," jelas dia.

3. Jalan nasional Palembang-Banyuasin segera diperlebar

Tol Kayuagung-Palembang-Kapal Betung Ditarget Rampung Tahun 2020IDN Times/Rangga Erfizal

Selain jalan tol, Herman Deru juga mengungkapkan, tentang rencana pembangunan strategis nasional tahun 2020, yang menyasar jalan nasional Palembang - Banyuasin sepanjang 20 kilometer.

"Kita juga akan melakukan pelebaran jalan Palembang-Banyuasin, sampai Air Batu. Untuk dana semua dari pusat menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)," jelas Deru.

Baca Juga: Gubernur Sumsel : Tidak Semua Modernisasi Cocok untuk Indonesia

4. Presiden resmikan penggunaan jalan tol

Tol Kayuagung-Palembang-Kapal Betung Ditarget Rampung Tahun 2020IDN Times/Rangga Erfizal

Sementara, usai bertemu dengan Gubernur Sumsel, Anggota BPJT Kementerian PUPR, Koentjahjo Pamboedi menuturkan, pemerintah akan melakukan peresmian sebagian proyek pengerjaan tol Kapal Betung tahap pertama.

"Pengerjaan untuk Palembang-Betung masih on progress sesuai yang dijadwalkan. Untuk Pematang Panggang-Kayuagung, Pematang Panggang-Terbanggi Besar, rencananya pada Agustus nanti akan diresmikan Presiden," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya