Tol Kapal Ditutup 5 Januari, Ruas Terpeka Mulai Kena Tarif Normal  

Pembukaan ruas Tol Kapal direncanakan Februari 2020

Palembang, IDN Times - Kepala Proyek Tol Seksi satu Kayuagung - Palembang (Kapal), Gunawan mengatakan, ruas rol untuk area tersebut resmi ditutup kembali pada Minggu (5/1) mendatang, lantaran masih dalam tahap fungsional. 

"Masih ada beberapa yang akan diselesaikan, seperti pintu masuk tol Palembang yang nanti akan keluar di ruas jalan Lintas Timur dan pintu keluar tol Jejawi. Kita akan lakukan penutupan pada tanggap 5 Januari mendatang sampai pukul 24.00 WIB selebihnya ditutup kembali," ujar Gunawan saat dihubungi IDN Times, Jumat (3/1).

1. Secara progres jalan tol sudah siap, hanya perlu finishing

Tol Kapal Ditutup 5 Januari, Ruas Terpeka Mulai Kena Tarif Normal  Kepala ruas Tol seksi satu Palembang - Kayuagung, Gunawan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Gunawan melanjutkan, penyelesaian pintu keluar akan dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku owner. Waskita Sriwijaya Tol (WST) hanya melakukan pembuatan jalan dan beberapa infrastruktur, seperti rambu dan marka. Kemudian memastikan kelayakan tol untuk dapat dilalui oleh pengendara.

"Jarak Palembang-Kayuagung melalui jalan tol sekitar 20 hingga 30 menit, yang memotong waktu perjalanan sekitar dua hingga tiga jam bila melalui jalan lintas Sumatera. Secara progres sudah 100 persen, hanya menyisakan pengerjaan repair sedikit. Sedangkan untuk marka jalan dan rambu secara umum sudah 99 persen," ujar dia.

2. Rencana pembukaan Tol Palembang-Kayuagung diprediksi awal Februari

Tol Kapal Ditutup 5 Januari, Ruas Terpeka Mulai Kena Tarif Normal  Fasilitas juga disediakan untuk pengamanan di jalan tol (IDN Times/Rangga Erfizal)

Gunawan mengungkapkan, pihaknya memprediksi Tol Palembang-Kayuagung akan resmi dibuka pada Februari mendatang. Namun, peresmian itu sesuai dari kesiapan dan kesepakatan pemerintah pusat.

"Rencana kita awal Februari sudah siap untuk operasional, namun waktunya bisa tentatif," jelas dia.

3. Mulai 6 Januari pengguna Tol Terbangi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung sudah dikenakan harga normal

Tol Kapal Ditutup 5 Januari, Ruas Terpeka Mulai Kena Tarif Normal  Kepala ruas Tol Terbangi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung (Terpeka), Yoni Satyo

Sementara itu, Kepala ruas Tol Terbangi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung (Terpeka), Yoni Satyo menjelaskan, pihaknya sudah mendapat rincian tarif yang akan dikenakan untuk ruas jalan tol tersebut. Rencananya, mulai 6 Januari nanti pengguna mulai dikenakan tarif sesuai golongan kendaraan.

Untuk kendaraan golongan I dikenakan tarif Rp170.500 dari pintu tol Terbanggi Besar hingga Kayuagung. Kendaraan golongan II dan golongan III jenis truk dengan 2 gandar dikenakan tarif Rp255.500.

"Terakhir, kendaraan golongan IV dan V dikenakan tarif Rp341.000, berlaku untuk sebaliknya. Tarif tol ruas Terpeka akan diberlakukan mulai Senin pekan depan," jelas dia.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Trans Sumatera, Jarak Tempuh Palembang-Lampung 4 Jam

4. Waskita Karya terus menyosialisasikan penggunaan tol ke masyarakat

Tol Kapal Ditutup 5 Januari, Ruas Terpeka Mulai Kena Tarif Normal  Tol Pematang Panggang (IDN Times/Uni Lubis)

Yoni menambahkan, pihak Hutama Karya terus menyosialisasikan Tol Terpeka yang memiliki panjang 189 kilometer ini. Mulai dari peraturan, hingga kesiapan yang harus dilakukan pengemudi sebelum memasuki ruas tol.

"Tarif masuk tol itu berlaku dari pintu Tol Terbanggi Besar hingga keluar di Kayu Agung dan sebaliknya," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya