Tingkatkan Pajak Kendaraan Bermotor, Bapenda Sumsel Siapkan Hologram  

Siapkan program dan mulai diberakukan tahun 2020 mendatang

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) bakal mengeluarkan hologram untuk di tempel pada plat kendaraan roda empat dan dua, sebagai tanda wajib pajak sudah membayar kewajibannya atau menunggak.

Langkah tersebut dilakukan Pemprov Sumsel untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pembayaran pajak kendaraan masyarakat. 

"Kita selama ini tidak tahu mana kendaraan yang sudah membayar pajak dan mana yang belum. Kita cuma tahu kalau masa waktu platnya sudah habis. Tapi selama range waktu 5 tahun tersebut, kita tidak tahu mereka sudah membayar atau belum," ungkap Gubernur Sumsel Herman Deru, Kamis (24/10).

1. Bapenda Sumsel masih merancang hologram yang akan diberlakukan tahun 2020 mendatang

Tingkatkan Pajak Kendaraan Bermotor, Bapenda Sumsel Siapkan Hologram  IDN Times/Humas Pemprov Sumsel

Herman Deru menjelaskan, pemasangan hologram itu baru akan diberlakukan pada tahun 2020 mendatang. Secara teknis, saat ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) masih merancang program hologram itu seperti apa.

"Kita berharap  ide mengenai hologram pada plat ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Penempelan hologram menjadi mekanisme yang mengawasi masyarakat yang tidak membayar pajak. Jika sudah diawasi, wajib pajak akan lebih aware lagi. Ini juga mengatasi kondisi tunggakan pajak setiap tahunnya," jelas dia.

2. Masih banyak warga yang menunggu pemutihan untuk melunasi pajak kendaraan

Tingkatkan Pajak Kendaraan Bermotor, Bapenda Sumsel Siapkan Hologram  IDN Times/Humas Pemprov Sumsel

Deru mengungkapkan, kalau masyarakat taat membayar pajak, maka akan membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Karena, pajak dari masyarakat tersebut akan berdampak pada masyarakat itu sendiri.Selama ini, masih banyak masyarakat yang enggan membayar pajak karena menunggu pemutihan.

"Nanti saja tunggu pemutihan. Nah, ini masalah. Kita maunya pajak ini dibayar tepat waktu. Agar bisa digunakan secepat mungkin untuk menjalankan program pembangunan," ungkap dia.

3. Bapenda masih membuat program hologram agar tak mudah dipalsukan

Tingkatkan Pajak Kendaraan Bermotor, Bapenda Sumsel Siapkan Hologram  IDN Times/Rangga Erfizal

Sementara, Kepala Bapenda Sumsel, Neng Muhaiba mengatakan, pihaknya sendiri masih mencari formula pembuatan program hologram yang tepat agar tidak mudah dipalsukan.

"Kami tidak mau sembarangan dalam pencetakannya. Nanti bisa ditiru dan ujung-ujungnya bisa menuai masalah," kata dia.

Pihak Bapenda sendiri, sambungnya, segera memulai menyosialisasikan kebijakan hologram tersebut agar bisa dan diterima oleh masyarakat. 

"Kalau sistemnya sudah dibangun, secepatnya akan kami sosialisasikan. Sehingga pada tahun 2020 mendatang bisa diterapkan," sambung dia.

Baca Juga: Terhitung 1 Januari 2020 UMP Sumsel Naik 8,51 persen, Ini Jumlahnya 

4. Hologram akan dipasang pada 1,5 juta kendaraan yang tercatat di Sumsel

Tingkatkan Pajak Kendaraan Bermotor, Bapenda Sumsel Siapkan Hologram  IDN Times/Rangga Erfizal

Neng memperkirakan, pemasangan hologram tersebut akan dilakukan pada 1,5 juta kendaraan yang tercatat di Sumsel. Setelah pemasangan itu, kendaraan akan lebih mudah di data dan saat sedang dilakukan pemeriksaan.

"Sepertipada  Operasi Zebra yang sedang berlangsung saat ini. Petugas tinggal memeriksanya melalui alat scan. Sehingga tinggal mencocokkannya dengan surat yang dibawa pengendara," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya