Tambah Ruang Terbuka, Pemprov Sumsel Ubah Wajah Monpera Palembang

Bangun taman, air mancur menari dan perpustakaan

Palembang, IDN Times -Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pemukiman (PU Perkim) Sumsel bakal memperbaiki dan menata Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang, menjadi ruang terbuka ramah masyarakat.

"Kita pikir Monpera baik untuk dilakukan penataan kawasan, kita ingin membuat public space yang nyaman, enak, indah. Kita mencontoh Jakarta bagaimana dengan ruang terbukanya, enak, nyaman dilihat dan bisa menjadi ikon kota. Masyarakat akan nyaman di sana," ujar Kepala Dinas PU Perkim, Basyarudin Ahmad, Jumat (24/1).

1. Perbaikan tidak akan mengganggu bangunan asli Monpera

Tambah Ruang Terbuka, Pemprov Sumsel Ubah Wajah Monpera PalembangKawasan Monpera Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Basyarudin mengungkapkan, memang kawasan Monpera awalnya dibuat untuk mengenang perang lima hari lima malam, saat masa perang kemerdekaan Indonesia di Palembang.

Rencana perbaikan kawasan tersebut, sambungnya, tidak akan mengganggu bangunan yang ada, karena syarat akan nilai sejarah. Justru, pihaknya akan memperindah sisi ruang kanan, kiri, belakang dan pelatarannya saja.

"Penataan kawasan ya, bukan Monpera-nya. Kita bikin taman, perpustakaan di belakangnya untuk menunjang literasi. Taman bermain anak, di sisi kanan kirinya, lalu parkiran sepeda, sehingga pejalan kaki maupun yang bersepada bisa menikmati. Bagian pelatarannya kita tambah ornamen, sehingga menjadi lebih baik," ungkap dia.

2. Akan ada air mancur menari di Monpera

Tambah Ruang Terbuka, Pemprov Sumsel Ubah Wajah Monpera PalembangIkon Kota Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Untuk melakukan pembangunan tersebut, jelas Basyaruddin, pihaknya akan menggunakan uang dari APBD Sumsel 2020. Beberapa ruang terbuka yang akan diperbaiki itu juga termasuk Taman Purbakala Kerasajaan Sriwijaya (TPKS), Dekranasda dan Taman PKK.

"Semuanya ditanggung APBD. Jika anggarannya cukup bisa jadi dalam Monpera nya juga kita perbaiki, seperti akses naik turunnya," jelas dia.

3. Budayawan Palembang ingatkan perbaikan jangan sampai ubah bentuk dan warna Monpera

Tambah Ruang Terbuka, Pemprov Sumsel Ubah Wajah Monpera PalembangIDN Times/Istimewa

Sementara Budayawan Palembang, Vebri Al Lintani mengatakan, mendukung langkah Pemprov Sumsel untuk melakukan perbaikan Monpera tersebut. Hanya saja, perbaikan itu jangan sampai mengubah arti sejarah dari Monpera tersebut.

"Bagus, asal tidak mengubah bentuk, dan warna dari Monperanya," tandas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya