Survei LKPI, Pilkada Mura 2020 Diprediksi Milik Hendra Gunawan

Pilkada Serentak 2020 masih menjadi panggung wajah lama

Palembang, IDN Times -Direktur Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Arianto menyatakan, calon incumbent yang saat ini menjabat Bupati Musi Rawas (Mura), Hendra Gunawan, diprediksi menang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Mura 2020 mendatang. 

Arianto melanjutkan, dari hasil survei terakhir yang dilaksanakan LKPI, peluang besar kemenangan tersebut ada pada kisaran di atas 50 persen.

​"Secara konsisten, elektabilitas Hendra Gunawan menempati urutan teratas, baik pada pertanyaan terbuka (Top of Mind), pertanyaan semi terbuka dan tertutup. Kuatnya tarikan elektoral incumbent ini juga tercermin dari uji simulasi calon-calon bupati yang akan maju di Pilkada Kabupaten Musirawas," ujar dia saat memaparkan hasil survei di Palembang, Selasa (19/11).

1. Kalau tak ada tsunami politik, sulit mengejar raihan 57,2 persen suara Hendra Gunawan

Survei LKPI, Pilkada Mura 2020 Diprediksi Milik Hendra GunawanTingkat kepercayaan terhadap incumbent sangat tinggi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Bila Pilkada Mura berlangsung hari ini, jelas Arianto, Hendra Gunawan diprediksi mendapati hasil 57,2 persen suara dibanding 3 calon terkuat lainnya. Seperti Ratna Mahmud Amin yang hanya memperoleh 7,9 persen, Suwarti, Wakil Bupati Mura yang pada periode saat ini mendampingi Hendra dengan 5,9 persen suara, serta Wahyu Sumadi yang hanya memiliki 3,7 persen.

"Kalau tidak ada tsunami politik, akan sulit mengejar incumbent dengan 57,2 persen itu," jelas dia

2. Empat indikator popularitas Hendra Gunawan terus meningkat

Survei LKPI, Pilkada Mura 2020 Diprediksi Milik Hendra GunawanDirektur Eksekutif LKPI, Arianto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Arianto melanjutkan, dari hasil survei tersebut pihaknya menggunakan beberapa indikator penilaian. Empat indikator yang dipilih masyarakat itu, yakni tingkat kepuasan terhadap kinerja, pengalaman di pemerintahan, dianggap bisa membawa perubahan yang baik, dan dianggap memberikan perhatian kepada masyarakat.

"Hendra Gunawan menempati posisi paling atas, karena tingkat kepercayaan orang terhadapnya sangat tinggi. Ini yang belum dilihat dari pasangan lain. Hendra bisa percaya diri karena elektabilitasnya tinggi. Dalam artian dia menjadi satu-satunya kandidat pemenang," jelas dia.

Dengan popularitas dan akseptabilitas yang tinggi, itu menjadi modal Hendra dalam memenangkan konstelasi politik tahun depan. Pihaknya menilai, dari tingkat elektabilitas yang tinggi ini akan sulit dikejar dalam waktu dekat oleh kandidat lain.

"Artinya, popularitas dan akseptabilitas Hendra berbanding lurus (linear) dan sudah tidak ada masalah lagi. Tentunya ini pasti akan berdampak dengan tingginya elektabilitas. Secara teori perilaku pemilih, sudah memenuhi dua unsur tersebut untuk meraih elektabilitas yang tinggi," jelas dia.

Baca Juga: KPU Sumsel Jalani Sengeta ke MK, 5 Anggota KPU Palembang ke DKPP 

3. LKPI klaim tingkat kepercayaan survei 95 persen

Survei LKPI, Pilkada Mura 2020 Diprediksi Milik Hendra GunawanSurvei melibatkan 820 responden di 82 desa atau kelurahan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Arianto juga membeberkan, hasil survei yang dilakukan LKPI melibatkan masyarakat dari berbagai latar belakang pendidikan dan menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan marjin of error kurang lebih 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei yang di gelar LKPI dengan melibatkan surveyor yang semuanya ada 820 responden di 82 desa atau kelurahan," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya