Status Waspada Corona, Gubernur Sumsel Minta Ekonomi Tak Boleh Turun

Gubernur minta cegah dan tangkal corona dari berbagai aspek

Palembang, IDN Times -Gubernur Sumsel, Herman Deru mulai mengantisipasi setelah melihat ada penurunan produktivitas kerja, pascamunculnya wabah virus corona di Indonesia. 

Herman Deru meminta semua elemen di pemerintahan dan masyarakat untuk bahu membahu menjaga produktivitas tersebut.

“Pertumbuhan ekonomi kita tertinggi di Pulau Sumatera. Kita gak mau dibayangi rasa takut, tetapi kita juga harus waspada betul. Kita cegah dan tangkal dari berbagai aspek,” ujar Herman Deru saat konferensi pers di depan awak media, Senin (16/3).

1. Gubernur Sumsel minta masyarakat jangan takut, namun tetap waspada

Status Waspada Corona, Gubernur Sumsel Minta Ekonomi Tak Boleh TurunGubernur Sumsel, memberikan imbauan di bandara (IDN Times/Rangga Erfizal)

Herman Deru mengatakan, untuk menjaga agar masyarakat Sumsel tidak takut untuk tetap beraktivitas, maka pihaknya meminta warga tetap tenang dan waspada. Jangan hanya karena takut, masyarakat Sumsel berhenti produktif.

“Untuk itu satgas diminta mengambil tindakan untuk penyemprotan tempat lainnya dan juga moda transportasi dengan disinfektan,” kata dia.

2. ASN di lingkungan Pemprov Sumsel diminta tunda perjalanan dinas ke luar Sumsel

Status Waspada Corona, Gubernur Sumsel Minta Ekonomi Tak Boleh TurunSejumlah Apaaratur Sipil Negara (ASN) mendapatkan botol cairan pembersih (hand sanitizer) dari Polres Tegal Kota. (IDN Times/ Muchammad Haikal)

Herman Deru menerangkan, mengingat status masih waspada, maka untuk sementara ini pihaknya belum akan memberi libur untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Kemudian, bagi ASN yang akan dinas ke Jakarta atau daerah laein, sebaiknya jangan pergi bila tak terlalu penting

“Selama bisa video call, itu bisa menghindari bepergian ke daerah atau negara terpapar. Untuk ASN juga yang boleh libur adalah mereka yang memiliki kerentanan,” terang dia.

Baca Juga: Gubernur Instruksikan RS di Sumsel Gratiskan Pemeriksaan Gejala Corona

3. Kegiatan belajar mengajar SD dan SMP diliburkan, SMA tetap sekolah

Status Waspada Corona, Gubernur Sumsel Minta Ekonomi Tak Boleh TurunGubernur Sumsel, Herman Deru membagikan masker (IDN Times/Rangga Erfizal)

Herman Deru juga menginformasikan, untuk anak Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), diliburkan berdasarkan keputusan kabupaten/kota di Sumsel. Pihaknya sudah mendapat laporan dari beberapa daerah yang sudah meliburkan, seperti Palembang, Lubuklinggau dan Muba, serta beberapa daerah lainnya.

“Sekolah menengah atas (SMA) sejauh ini karena masa ujian belum diliburkan. Itu keputusan Disdik Sumsel,” tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya