Speedboat Tabrak Tongkang di Muba, 5 Orang Hilang dalam Pencarian

Tim gabungan masih cari korban hilang

Banyuasin - Speedboat taksi yang mengangkat penumpang tujuan Kampung Tobo Karang Agung menuju Sungai Lilin, mengalami kecelakaa. Sesaat setelah mati mesin dan terbawa arus, speedboat menabrak tongkang pengangkut batubara di Sungai Penuguan, Kecamatan Pulau Rimau, Banyuasin. Lima orang dari 11 penumpang dinyatakan hilang.

"Untuk sementara, serang speed hilang. Selain itu ada empat penumpang dengan rincian dua orang anak-anak dan dua orang dewasa," ungkap Direktur Polairud Polda Sumsel, Kombes Pol Yohanes Sismadi Widodo, Rabu (5/8/2020).

1. Sebanyak 6 orang selamat dalam kejadian itu

Speedboat Tabrak Tongkang di Muba, 5 Orang Hilang dalam PencarianProses evakuasi kapal speed boat (IDN Times/Istimewa)

Dalam kejadian kecelakaan air tersebut, enam orang selamat di antaranya Awiardi (40), Rojikan (56), Sukirno (62), Sumira (70), Wiwin (35) dan Nopi (39). Mereka langsung dievakuasi warga ke tepian sungai. Sedangkan korban lain masih dalam pencarian.

"Kami masih melakukan penyisiran bersama tim gabungan untuk mencari korban yang belum ditemukan," ujar dia.

Baca Juga: Staf Gugur di Kecelakaan Speedboat, KLHK Pasang Bendera Setengah Tiang

2. Basarnas terjunkan personel bantu pencarian

Speedboat Tabrak Tongkang di Muba, 5 Orang Hilang dalam PencarianProses evakuasi speed boat (IDN Times/Istimewa)

Kepala Kantor Basarnas Palembang, Herry Marantika membenarkan kejadian itu. Pihaknya sudah menurunkan tim untuk membantu proses pencarian terhadap korban yang belum ditemukan. Para korban yang belum ditemukan diperkirakan tenggelam terbawa arus sungai.

"Saya mengerahkan tujuh orang personel Rescue KPP Palembang untuk menuju lokasi kejadian, dan melakukan proses pencarian terhadap korban," beber dia.

3. Basarnas turunkan alat-alat evakuasi

Speedboat Tabrak Tongkang di Muba, 5 Orang Hilang dalam PencarianTim rescue diturunkan oleh Basarnas (IDN Times/Istimewa)

Herry menambahkan, pihaknya juga sudah mengirimkan peralatan seperti Rubber Boat, alat selam, peralatan medis, peralatan komunikasi serta evakuasi, turut membantu pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan.

"Kita harap para korban dapat segera ditemukan," tutup dia.

Baca Juga: Remaja Palembang yang Lompat Ke Sungai Musi Belum Ditemukan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya