Siapkan Venue Piala Dunia U-20 2021, Pemprov Sumsel Benahi 2 Stadion 

Rp12 M untuk Stadion Gelora Sriwijaya dan Bumi Sriwijaya

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mengucurkan anggaran sebesar Rp12 miliar dari APBD Sumsel 2020 untuk membenahi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan Stadion Bumi Sriwijaya sebagai stadion pendukung. 

"Perhitungan awal dari Dispora Sumsel dan Perkim Rp12 miliar. Untuk Satdion Gelora Sriwijaya Rp7 miliar, sedangkan Bumi Sriwijaya Rp5 miliar," ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sumsel, Basyaruddin Akhmad, saat di konfirmasi IDN Times, melalui telepon seluler (ponsel), Kamis (5/3).

1. Pemprov Sumsel tetap benahi dua stadion walau tak jadi tuan rumah Piala Dunia U20

Siapkan Venue Piala Dunia U-20 2021, Pemprov Sumsel Benahi 2 Stadion Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring akan di renovasi tahun ini dengan anggaran Pemprov Rp7 miliar (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Basyaruddin mengungkapkan, perbaikan tersebut tetap akan berjalan meski nanti Palembang tidak menjadi tuan rumah. Karena anggaran perbaikan untuk membenahi kedua stadion yang pernah dipakai untuk Asian Games 2018 sudah diajukan sebelumnya .

"Kita lihat dan identifikasi terlebih dahulu apa yang kurang dan perlu ditambah dari fasilitas ke dua stadion itu," ungkap dia.

2. Dinas Perkim Sumsel libatkan konsultan

Siapkan Venue Piala Dunia U-20 2021, Pemprov Sumsel Benahi 2 Stadion Latihan perdana Sriwijaya FC di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Basyaruddin mengungkapkan, pihaknya melibatkan konsultan untuk menilai berapa nilai yang dibutuhkan oleh kontraktor untuk merenovasi stadion. Dari PSSI sendiri, pihaknya menilai paling tidak dibutuhkan Rp50 miliar agar kedua stadion dapat terpilih.

"Nanti akan kita lelang untuk pengerjaan. Paling tidak butuh Rp30 miliar. Itu hitungannya dari tim konsultan," ungkap dia.

Baca Juga: PSSI Pantau Stadion Gelora Sriwijaya, Gubernur Sumsel: Pasti Berhasil 

3. Dinas Perkim akan gandeng BUMN, BUMD seperti Asian Games 2018

Siapkan Venue Piala Dunia U-20 2021, Pemprov Sumsel Benahi 2 Stadion Latihan perdana Sriwijaya FC di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Untuk mewujudkan perbaikan sesuai standar, sambung dia, maka Dinas Perkim Sumsel akan mengajukan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Sehingga dari sisi pembangunan pihaknya juga akan membuka bantuan dari berbagai pihak.

"Kita akan libatkan semua pihak, bisa PUPR, BUMD, BUMN, atau Swasta. Itu kan pernah kita lakukan saat Asian Games lalu," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya