Sebelum Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Alex Berencana ke Norwegia

Dodi dijadwalkan menghadiri forum internasional biofuel

Palembang, IDN Times - Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex, direncanakan akan berangkat ke Norwegia sebelum terjaring Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK), Jumat (15/10/2021) lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Beni Hernedi saat bertemu awak media di Griya Agung, usai menerima SK Gubernur Sumsel terkait penunjukkan dirinya sebagai Pelaksana tugas (Plt) Bupati Muba.

"Bupati Dodi Reza Alex sempat izin ke saya mau berangkat ke Norwegia. Katanya diundang untuk jadi pembicara di Forum Internasional membahas Biofuel yang sedang digarap Muba," ujar Beni, Minggu (17/10/2021).

1. Bensin sawit menjadi program strategis nasional di Muba

Sebelum Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Alex Berencana ke NorwegiaGubernur Sumsel Herman Deru bersama Plt Bupati Muba Beni Hernedi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepergian Dodi ke Norwegia itu rencananya akan dilakukan pada 4 November 2021 mendatang. Dodi selaku Bupati berencana memaparkan proyek strategis nasional (PSN) yang tengah digarap Bumi Serasan Sekate.

"Kepergian beliau dilakukan sehubungan konsepsi Muba tentang bahan bakar sawit bahan bakar nabati (Biofuel) tentang energi terbarukan," ujar dia.

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Punya Rumah Mewah di Jaksel dan Australia

2. Beni akui kondisi dalam situasi berat

Sebelum Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Alex Berencana ke NorwegiaPlt Bupati Muba, Beni Hernedi terima SK Pengangkatan sebagai pengganti Dodi Reza Alex (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Beni, dirinya akan menjalankan mandat sebagai Plt di sisa masa jabatan yang akan segera berakhir Mei 2022 mendatang. Dirinya mengaku akan menjalankan visi dan misi yang diajukan keduanya saat terpilih pada pilkada 2017 laku.

"Tidak ada yang menganggap situasi yang seperti ini enak. Ini situasi yang berat dan saya berharap bisa menjalankan mandat ini," jelas dia.

Baca Juga: KPK Dalami Sumber Uang Rp1,5 M yang Dipegang Ajudan Dodi Reza Alex

3. Dodi yakin program bensin sawit menggantikan BBM fosil

Sebelum Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Alex Berencana ke NorwegiaBupati Muba Dodi Reza saat mengunjungi Kampus ITB untuk melakukan MoU terkait pembangunan pabrik IPO dan CPO serta pengembangan energi biofuel di Muba/IDN Times/istimewa

Untuk diketahui, Muba sedang membangun pabrik pengelolaan sawit sebagai campuran bahan bakar minyak seperti biokarbon atau bioenergi. Program tersebut menjadi proyek strategis nasional yang dijalankan Pemkab Muba dengan memperkuat hilirisasi sawit, melalui berbagai program peremajaan sawit rakyat.

Sebagai langkah awal penguatan hilirisasi, sawit rakyat akan diserap ke pabrik milik Pemkab. Sawit akan diolah menjadi Industry Palm Oil (IPO) dan Crude Palm Oil (CPO). Dua bahan inilah yang akan dikirim sebagai bahan baku biodiesel.

Sebelum ditangkap KPK, Dodi Reza Alex sudah membuat blue print tentang visi Muba 2030. Saat launching buku pada Kamis (30/9/2021) lalu, DOdi menyampaikan jika dirinya ketika nanti tidak menjadi Bupati lagi.

Para penerusnya dapat melanjutkan program energi terbarukan. Dodi pun meyakini sawit akan bersaing menggantikan BBM yang selama ini berasal dari fosil.

Baca Juga: KPK Segel Kantor Dinas PUPR Muba Usai OTT Bupati Dodi Reza

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya