Sat Pol PP Terapkan SOP Pengamanan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel

30 personel disiapkan untuk pengamanan awal di lokasi acara 

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) mulai melakukan pengamanan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, pascainsiden penusukan terhadap Menteri Koordinasi Hukum dan Ham (Menkopulhukam), Wiranto, beberapa waktu lalu.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumsel sebagai tim pengamanan gubernur, mulai mewaspadai segala aspek yang berkaitan dengan pengamanan pemimpin Sumsel tersebut.

"Berkaitan dengan kejadian itu (penusukan Wiranto) tentunya akan menjadi perhatian kita," Kepala Satuan (Kasat) Polisi Satpol PP Sumsel, Aris Saputra, Selasa (15/10).

Aris mengungkapkan, agar tidak kecolongan, maka pihaknya terus berkoordinasi pada setiap agenda yang dilakukan gubernur dan wakil gubernur. Apalagi, Sat Pol PP Sumsel sudah memiliki ketetapan hukum melalui pejabat provinsi lainnya, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur nomor 709 /kpt/Satpol pp/2018 dan Surat Keputusan Gubernur nomor: 226/kpts/Satpol pp/2017.

"Kita berusaha untuk bersikap dan menerapkan pengamanan seperti biasa saja dan tetap sesuai dengan aturan. Tetap siaga waspada peka dan disiplin dalam pengamanan," ungkap dia.

Aris melanjutkan, untuk pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP) pengamanan gubernur dan wakil gubernur, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan jajaran protokol pada setiap kegiatan.

Sat Pol PP Sumsel akan menurunkan satu pleton tim untuk mengawal dan melakukan pengamanan clear area di sekitar lokasi dan jalan yang akan dilalui oleh gubernur dan wakil gubernur.

"Anggota kita selalu datang lebih dulu ke lokasi acara untuk pengamanan awal. Satu pleton (30 orang) bertugas secara bergilir, penempatan disesuaikan dengan kondisi dan banyaknya massa serta lokasi acara," tandas dia.

Baca Juga: ASN Aktif di Media Sosial, Ini Pesan Gubernur Sumsel 

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya