Salah Input Hasil Antigen, Petugas Farmalab SMB 2 Dinonaktifkan

Sebulan terakhir ada 30 orang positif antigen di bandara

Palembang, IDN Times - Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Tommy Ariesdianto mengungkapkan, petugas Farmalab yang melakukan kesalahan input data telah dinonaktifkan.

Hal ini dilakukan menyusul proses investigasi pasca kejadian calon penumpang mengamuk karena hasil rapid antigen di bandara SMB 2 Palembang yang positif. Padahal, hasil tes di fasilitas kesehatan lain menyatakan pria tersebut negatif.

"Untuk menindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku, saat ini petugas Farmalab di nonaktifkan untuk kepentingan investigasi dan evaluasi atas pelayanan Farmalab," ujar Tommy, Senin (31/5/2021).

1. Tommy anggap penumpang yang kecewa sebagai hal manusiawi

Salah Input Hasil Antigen, Petugas Farmalab SMB 2 DinonaktifkanBandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Menurutnya, hasil antigen calon penumpang tersebut mengalami kesalahan input data, ditambah jaringan sinyal yang buruk mengakibatkan human error. Secara langsung, pihaknya telah melakukan permintaan maaf kepada penumpang yang bersangkutan.

"Kenapa dia (penumpang) emosi, menurut saya itu manusiawi karena beliau memeriksa kembali antigen," ujar dia.

Baca Juga: Viral Hasil Antigen Berbeda, Bandara SMB II Akui Kesalahan Sistem  

2. Pihak SMB II menyayangkan petugas tidak melakukan pemeriksaan

Salah Input Hasil Antigen, Petugas Farmalab SMB 2 DinonaktifkanSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Menurut Tommy, seharusnya petugas Farmalab melakukan pemeriksaan ulang hasil antigen sebelum diserahkan ke penumpang. Pihaknya juga menyayangkan tidak ada langkah dari petugas untuk menjelaskan tindakan yang dilakukan setelah hasil positif, terlebih penumpang yang juga ingin buru-buru mengejar pesawat.

"Dalam hal ini petugas harus bertanggung jawab dengan hasil yang diberikan. Ini jadi pelajaran untuk mengecek kembali hasil yang ada," jelas dia.

3. Rata-rata ada 30 pasien positif antigen tiap bulan

Salah Input Hasil Antigen, Petugas Farmalab SMB 2 DinonaktifkanHasil antigen berbeda Pria di Palembang Ngamuk di Bandara SMB II (IDN Times/istimewa)

Terakhir, dirinya menjelaskan, hasil pemeriksaan antigen tidak ada permainan yang dilakukan. Pihaknya selaku pengelola bandara selalu memantau kinerja Farmalab dalam mengeluarkan hasil antigen.

"Data bulan April yang positif ada sekitar 30 orang. Rata-rata sehari satu sampai dua orang yang positif," tutup dia.

Baca Juga: Jumlah Penumpang Pesawat dari Palembang Naik Hingga 80 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya