RSUP MH Palembang Isolasi Dua PDP Baru, Salah Satunya Tenaga Medis 

Satu PDP sempat bertemu Wali Kota Prabumulih

Palembang, IDN Times - Juru bicara Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Yusri menyatakan, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang kembali menerima dua pasien dalam pengawasan (PDP) di ruang isolasi.

Dua PDP itu masuk RSUD MH Palembang tadi malam dan siang tadi, keduanya laki-laki asal Palembang berusia 53 tahun dan Prabumulih 50 tahun. 

"Benar ada penambahan dua PDP baru. Keluhan awalnya batuk, demam, dan gangguan pernapasan. Dari riwayatnya, pernah bepergian ke Jakarta dan Batam," ujar Yusri, Jumat (20/3).

1. Dua PDP yang masuk ke RSUP MH Palembang dalam keadaan sehat

RSUP MH Palembang Isolasi Dua PDP Baru, Salah Satunya Tenaga Medis Kepala Seksi Surveillance Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Yusri menerangkan, kondisi dari ke dua pasien yang baru masuk ini dalam keadaan sehat. Namun, mereka akan diambil sampel spesimen untuk dikirimkan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan di Jakarta.

"Untuk hasil empat PDP yang di dirawat sebelumnya kemungkinan besok kita terima," terang dia.

2. Pasien asal Prabumulih merupakan tenaga medis

RSUP MH Palembang Isolasi Dua PDP Baru, Salah Satunya Tenaga Medis Gubernur Sumsel, Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara, Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pemprov Sumsel, Profesor Yuwono menjelaskan, salah satu dari pasien asal Prabumulih yang menjadi PDP itu merupakan tenaga medis. 

"Informasi yang bisa kami bagikan bahwa PDP dari Prabumulih itu, ada riwayat perjalanan dinas ke Batam," jelas dia.

Nah, selama perjalanan dinas tersebut, pasien diketahui pergi bersama rombongan pejabat Pemkot Prabumulih. 

"Otomatis, untuk orang yang pernah kontak dengan beliau selama perjalanan statusnya orang dalam pantauan," sambung dia.

3. Jumlah ODP dan PDP di Sumsel meningkat

RSUP MH Palembang Isolasi Dua PDP Baru, Salah Satunya Tenaga Medis Petugas medis yang tangani pasien COVID-19 harus mengenakan alat pelindung diri atau APD (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Yuwono melanjutkan, dengan masuknya dua pasien ini maka jumlah PDP menjadi 9 orang, yang tiga diantaranya negatif dan enam orang masih di rawat di RSMH Palembang.

"Untuk ODP juga meningkat menjadi 88 orang yang 76 orang sudah dianggap sehat. Sejauh ini kita masih menunggu perkembangan lebih lanjut. 6 PDP dan 88 ODP," ujar dia.

Baca Juga: Ini Alasan, Pengurus Masjid Agung Palembang Tak Larang Warga Beribadah

4. Humas Pemkot Prabumulih akui pasien PDP sempat bertemu wali kota

RSUP MH Palembang Isolasi Dua PDP Baru, Salah Satunya Tenaga Medis (Ilustrasi) ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Terpisah, Kabag Humas dan Protokol Pemkot Prabumulih, Benny, membantah kalau Wali Kota Prabumulih, Ridho Yahya ada kunjungan ke Batam dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Wali Kota Ridho hanya bepergian ke Bangka sekitar dua minggu yang lalu dan memang pernah bertemu pasien PDP tersebut.

"Pak Wali Kota hanya ke Bangka tidak ada ke Batam. Memang sempat bertemu (PDP) cuma di meja makan, yang berangkat banyak saat acara Bank Sumsel Babel," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya