Renovasi Gedung Pemprov Sumsel, Herman Deru Inginkan Seperti Ini 

Terapkan smart building dan green buliding

Palembang, IDN Times - Beralihnya kepemimpinan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dari Alex Noerdin kepada Herman Deru, maka akan ada juga hal yang baru juga pada Kantor Pemerintah (Pemprov) Sumsel.

Nah, tak lama lagi, Kantor Gubernur Sumsel yang berada di Jalan Kapten A Rivai, Palembang, tersebut, bakal di renovasi. 

Menurut Gubernur Sumsel, Herman Deru, rencananya mereka akan mengembalikan bentuk asli Kantor Gubernur Sumsel dan menambah beberapa fasilitas penunjang guna memperindah tempatnya bekerja tersebut.

Renovasi tersebut dianggap penting, karena kondisi sejak dirinya pertama kali menempati pada 3 Oktober 2018 lalu, sudah banyak yang harus diperbaiki. Seperti saluran air yang kerap tersumbat atau banyak ruangan yang bocor saat hujan datang.

1. Pemprov Sumsel sudah anggarkan renovasi Kantor Gubernur

Renovasi Gedung Pemprov Sumsel, Herman Deru Inginkan Seperti Ini Dok.IDN Times/Istimewa

Saat itu, Herman Deru langsung memanggil Seketaris Daerah (Sekda) dan Biro Umum Pemprov Sumsel untuk langsung memperbaiki bagian-bagian gedung yang rusak.

"Makanya saya langsung koordinasi dengan Sekda dan Biro Umum untuk menganggarkan renovasi ini. Kita rehab saja tidak usah bangun baru. Alhamdulillah sekarang tender sudah selesai begitu juga kontraknya," ujar Herman Deru, Sabtu (3/8).

2. Tambah beberapa fasilitas penunjang

Renovasi Gedung Pemprov Sumsel, Herman Deru Inginkan Seperti Ini Dok.IDN Times/Istimewa

Mantan Bupati OKU Timur dua periode itu mengungkapkan, bentuk renovasi kantor yang diinginkannya itu seperti Hotel Indonesia, yang tidak mengubah desain yang ada dengan mempertahankan bentuk dan rupa.

Penambahan beberapa fasilitas, sambung Deru, seperti roof garden, alun-alun (plaza) juga dianggap penting. Kemudian, ruang bagi masyarakat untuk berekspresi, serta perpustakaan di dalam gedung pemprov tersebut. Sentuhan-sentuhan baru itu diharapkan dapat menambah suasana baru di Pemprov Sumsel.

"Bangunan ini sebenarnya mirip dengan Hotel Indonesia zaman dulu. Saya ingin kembalikan gedung ini ke bentuk lama, dengan inovasi yang tidak mengubah bentuk aslinya," ungkapnya.

3. Lebih modern tapi tidak menghilangkan sentuhan asli

Renovasi Gedung Pemprov Sumsel, Herman Deru Inginkan Seperti Ini Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara, Tenaga Ahli dari PT Intimas Mulia Konsultan, Stefanus Erwin menuturkan, permintaan Gubernur Sumsel untuk meremajakan kantor pemerintahan tersebut akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Pihaknya diminta untuk mempertahankan sisi historis gedung tersebut namun dengan konsep lebih modern.

"Kita akan pertahankan bentuk aslinya dengan sentuhan-sentuhan yang lebih baik. Baik itu penampilan maupun fungsinya," ujar dia.

Konsep yang akan dikerjakan itu juga, jelasnya, akan mengekspos bangunan agar terlihat lebih menarik saat malam hari. Salah satunya dengan menambah sentuhan lampu penerangan di beberapa sisi gedung, sehingga saat malam hari akan terasa lebih hidup.

"Kita ada rencana dan sudah disetujui pak Gubernur. Pada halaman depan dekat jalan utama Kapten A Rivai akan dibuat alun-alun. Semacam plaza dan nanti bisa berfungsi sebagai ruang publik. Ada stage juga untuk perfomance komunitas atau masyarakat umum. Bahkan ke depan kita akan terapkan juga smart building dan green buliding di gedung ini" jelas dia.

Baca Juga: Ingin Sumsel Lebih Religius, Herman Deru Siapkan Langkah Ini

4. Fasilitas baru terbuka untuk umum

Renovasi Gedung Pemprov Sumsel, Herman Deru Inginkan Seperti Ini Dok.IDN Times/Istimewa

Beberapa fasilitas baru seperti Alun-alun, roof garden dan perpustakaan yang akan dibuat bisa digunakan untuk umum, saat ada masyarakat yang datang berkunjung ke Pemprov Sumsel.

"Kemudian roof garden di lantai atas. Pengelolaan nantinya seperti apa akan disesuaikan tapi yang pasti tujuannya untuk menghijaukan lahan sempit dan bisa juga menjadi tempat pegawai istirahat atau bersantai," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya