Pilkades di Mura Diwarnai Ancaman, Warga Ditodong Pistol di Kening

Intimidasi dilakukan agar warga pilih kades pertahana

Musi Rawas, IDN Times - Sepasang suami istri berinisial SY (58) dan SG (56) di Musi Rawas (Mura) melapor ke polisi atas intimidasi saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Peristiwa intimidasi terhadap warga itu terjadi di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Muara Kelingi, saat korban diancam menggunakan senjata tajam (sajam) jenis pistol.

Sekertaris Desa (Sekdes) berinisial SM dan mantan Kades berinisial R, disebut-sebut menggunakan ancaman saat pemilihan.

"Awalnya dipanggil ke rumah Sekdes, disuruh bawa kartu keluarga. Disebutkan mau mendapat bantuan, sehingga pada Senin (6/3/2023) sehabis Magrib kita pergi ke sana," ungkap keluarga pelapor, Rabu  (8/3/2023).

Baca Juga: Ibu dan Anak di Kabupaten Ogan Ilir Terpilih Sebagai Kades

1. Pistol ditempelkan di kening pasutri

Pilkades di Mura Diwarnai Ancaman, Warga Ditodong Pistol di KeningIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurutnya, ancaman yang diberikan sudah di luar batas. Kening pasutri tersebut ditodong pistol oleh sang Sekdes. Ia juga mengancam akan melakukan tindakan nekat jika keduanya tidak memilih pertahana dalam Pilkades.

"Oleh Sekdes SM ini diancam harus pilih R. 'Kamu harus memilih R, kalau tidak memilih R kamu tahu akibatnya'. Sambil mengancungkan pistol di kening dua pasutri," jelas sang sumber.

Baca Juga: Kalah Pilkades Ogan Ilir, Petahana Tutup Akses Jalan Setapak

2. Banyak korban diancam namun tak berani melapor

Pilkades di Mura Diwarnai Ancaman, Warga Ditodong Pistol di KeningIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Kejadian intimidasi dalam pilkades tersebut tak hanya dilakukan terhadap kedua pelapor. Menurutnya, banyak korban lain yang mendapat intimidasi, hanya saja mereka tak berani melapor karena ada ancaman serius yang membahayakan keselamatan.

"Sebenarnya sudah banyak yang dipanggil Sekdes, cuma banyak yang tidak berani lapor. Baru pasutri ini yang berani melapor," jelas dia.

3. Polisi masih lakukan penyelidikan

Pilkades di Mura Diwarnai Ancaman, Warga Ditodong Pistol di KeningIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasat Intel Polres Mura, AKP Rudy Hartono saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satrekrim untuk menindaklanjuti laporan ke Polsek Kelingi.

"Pelaporan ke Polsek Kelingi agar lebih mudah penyidikan, dan tadi sudah langsung terkoneksi kepada Kanit Reskrim Polsek Kelingi agar segera ditindaklanjuti," tutup Rudy.

Baca Juga: Pilkades Ogan Ilir Ricuh, Mulai dari Penusukan dan Rusak Kotak Suara

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya