Percepat Rute, Jarak Tempuh LRT Palembang Dipangkas 13 Menit

Uji coba dilakukan tanggal 22-23 September

Palembang, IDN Times - PT KAI Divre III Palembang melakukan uji coba jarak tempuh Light Rail Transit (LRT) dengan memperpendek jarak antar stasiun. Kalau sebelumnya LRT harus menempuh waktu satu jam dari stasiun LRT DJKA, hingga stasiun LRT Bandara SMB II Palembang, maka pada uji coba ini waktu perjalanan yang dipangkas sekitar 13 menit.

"Uji coba ini untuk mempercepat waktu tempuh, yang sebelumnya lintas pelayanan rute stasiun Bandara - stasiun DJKA maupun sebaliknya ditempuh dalam waktu 60 menit menjadi 47 menit," ujar Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, Minggu (22/9). 

1. Uji coba tidak akan ganggu jadwal operasi LRT

Percepat Rute, Jarak Tempuh LRT Palembang Dipangkas 13 MenitIDN Times/Rangga Erfizal

Aida menjelaskan, pemberlakuan uji coba ini akan dilakukan selama dua hari, yakni pada 22 dan 23 September. Namun demikian, proses uji coba ini tidak mengganggu aktivitas LRT seperti biasanya.

"Setelah uji coba ini dilaksanakan, kami segera mengevaluasi, agar perubahan pola operasi dengan mempercepat waktu tempuh perjalanan LRT dapat direalisasikan. Karena ini komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat," jelas Aida.

2. Ada penambahan perjalanan LRT dengan rute yang sama

Percepat Rute, Jarak Tempuh LRT Palembang Dipangkas 13 MenitIDN Times/Rangga Erfizal

Aida melanjutkan, selain mempercepat rute perjalanan, LRT Palembang juga akan meningkatkan jumlah perjalanan. Kalau sebelumnya dalam sehari LRT beroperasi untuk 58 kali perjalanan dari DJKA ke Bandara atau sebaliknya. Namun, saat memangkas waktu perjalanan, otomatis ada penambahan 18 perjalanan dengan rute yang sama.

"Selama dua hari uji coba ini, jam operasional dari jam 5.12 WIB sampai jam 20.25 WIB. Jadwal perjalanan terakhir dari stasiun DJKA jam 18.43 WIB dan 19.37 WIB dari stasiun Bandara. Selain itu headway menjadi 18 menit dan berhenti di setiap stasiun selama 20 detik," ujar dia.

Baca Juga: Promosikan Wisata & Budaya, Pemprov Sumsel Manfaatkan Tiang Penyangga LRT

3. Penumpang diminta untuk menyesuaikan jadwal keberangkatan selama uji coba

Percepat Rute, Jarak Tempuh LRT Palembang Dipangkas 13 MenitIDN Times/Rangga Erfizal

Aida menuturkan, dengan adanya perubahan jadwal dan jarak waktu berhenti di stasiun selama 20 detik, diharapkan pengguna LRT dapat menyesuaikan jadwal keberangkatan. Pihaknya juga mengimbau pengguna layanan dapat menanyakan informasi lebih detail ke petugas jaga stasiun tempatnya berangkat.

"Bagi penumpang dapat memastikan jadwal keberangkatan dari setiap stasiun dan meminta dukungan dari masyarakat pengguna LRT dan semua pihak agar uji coba ini dapat berjalan lancar," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya