Pencurian Kotak Amal Masjid di Palembang Viral Terekam CCTV

Pelaku diduga sudah mengetahui kondisi dan isi masjid

Palembang, IDN Times - Pencurian kotak amal di Masjid Assayidi, Jalan Swadaya, Kelurahan Siring Agung, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, viral di media sosial (medsos). Pelaku yang datang menggunakan gamis dengan serban putih dililit ke leher, menggunakan peci dan bermasker, terekam kamera CCTV sedang mengambil isi kotak amal.

Video CCTV tersebut lantas menjadi perbincangan masyarakat. Mengingat saat kejadian di masjid tersebut sedang tidak banyak aktivitas, pelaku melakukan aksinya pada pagi hari sekitar pukul 07.34 WIB, Sabtu (26/2/2022) lalu.

"Pelaku mencungkil dua celengan masjid dan membawanya kabur," ungkap pengurus Masjid Assayidi, Syahputra Pranajaya, Selasa (1/3/2022).

1. Pelaku memarkirkan kendaraan di posisi kabur

Pencurian Kotak Amal Masjid di Palembang Viral Terekam CCTVPelaku pencurian kotak amal terekam CCTV masuk ke dalam masjid (IDN Times/istimewa)

Pelaku diketahui datang membawa motor matic berwarna merah. Untuk memudahkan aksinya, pelaku memarkirkan motor di posisi tercepat untuk pergi dari masjid. Melihat kondisi yang sepi, pelaku langsung mencungkil kotak amal yang tersedia di sana.

"Tidak hanya mencuri uang di dalam kotak amal, tersangka juga membawa lari speaker wireless milik masjid," beber dia.

Baca Juga: Pasutri Tewas Ditabrak Truk di Jalan Sekayu-Lubuk Linggau

2. Pelaku diduga sudah mengetahui kondisi masjid

Pencurian Kotak Amal Masjid di Palembang Viral Terekam CCTVIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Syahputra menambahkan, kejadian ini baru disadari pengurus masjid ketika memasuki salat Zuhur. Saat itu, pengurus masjid heran speaker yang diletakkan di ruang administrasi telah hilang. Pengurus masjid pun langsung melakukan pemeriksaan menyeluruh dan menyadari dua kotak amal sudah rusak.

"Semua uang di dalam kotak amal hilang diambil pelaku," jelas dia.

Pengurus masjid menduga pelaku sudah lebih dari satu kali berkunjung ke sana dan mengetahui kondisi masjid. Gerak-gerik pelaku yang santai dan tidak terburu-buru menambah kecurigaan jika pelakunya sudah memahami kondisi masjid.

"Letak speaker itu di ruang administrasi langsung diketahui pelaku, sepertinya sudah lebih satu kali pelaku ke sini," beber dia.

Baca Juga: Waduh, Kenaikan Harga Daging di Palembang Disebut Wajar

3. Polisi masih memburu pelaku pencurian kotak amal

Pencurian Kotak Amal Masjid di Palembang Viral Terekam CCTVIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Terpisah, Kapolsek Ilir Barat I Kompol Roy Tambunan, membenarkan laporan tersebut. Mereka saat ini sedang melakukan penyelidikan untuk menangkap pelaku

"Kami masih melakukan penyelidikan mengungkap identitas pelaku tersebut," tutup dia.

Baca Juga: Kasus DBD Renggut 5 Nyawa di Tiga Daerah Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya