Pemkab OKI Cari Investor, Ubah Teluk Gelam Jadi Rumah Sakit Wisata

Saat ini pemkab gunakan hotel sebagai PDP Center

OKI, IDN Times - Kawasan wisata Teluk Gelam yang terletak di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kini disulap menjadi kawasan medis berkonsep wisata. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI menjadikan dua hotel berbintang di sana sebagai lokasi merawat pasien dengan pengawasan (PDP).

Sejak COVID-19 menjadi pandemik, Pemkab mulai berpikir untuk menjadikan kawasan wisata itu menjadi rumah sakit. Pemerintahan setempat mendorong investasi di kawasan wisata tersebut.

"Kita akan membuat Medical Tourism, dan mengubah kawasan wisata menjadi rumah sakit. Tidak hanya untuk COVID-19 saja tapi bisa berlanjut ke depannya. Orang datang ke sini sebagai pasien, tetapi dia juga bisa memanfaatkan wisata di sekitarnya," ungkap Bupati, OKI Iskandar dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Rabu (24/6).

1. Konsep berwisata sambil berobat

Pemkab OKI Cari Investor, Ubah Teluk Gelam Jadi Rumah Sakit WisataPeninjauan PDP center yang berada di teluk gelam (IDN Times/Pemkab OKI)

Menurut Iskandar, pengembangan Medical Tourism di Indonesia masih terbatas. Dirinya mencontoh Penang di Malaysia, yang menjadi tempat orang berwisata sekaligus berobat. Infrastruktur yang ada di Teluk Gelam sekaligus keindahan alam di sana menjadi daya tarik pihaknya untuk mewujudkan wisata berkonsep medis itu.

"Pasien yang mau berobat bisa sambil berwisata untuk mempercepat masa recovery," jelas dia.

Baca Juga: Jumlah Pasien Meningkat, Ruang Isolasi Rumah Sakit di Palembang Penuh

2. Ajak pemerintah pusat dan daerah bersinergi ambil peluang dari pandemik

Pemkab OKI Cari Investor, Ubah Teluk Gelam Jadi Rumah Sakit WisataHotel di kawasan Teluk Gelam yang dirubah menjadi PDP Center (IDN Times/Pemkab OKI)

Iskandar juga menambahkan, pemerintah pusat maupun daerah harus menangkap peluang ini untuk memulihkan ekonomi akibat pandemik COVID-19, salah satunya dengan Medical tourism sebagai gebrakan.

"Kita hitung saja berapa banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang pergi ke luar negeri untuk berobat, bagaimana kita menangkap peluang di tengah pandemik ini dengan menyediakan fasilitas kesehatan yang lengkap di dalam negeri" ungkap dia.

Baca Juga: Bangun Kepercayaan Wisatawan, Cara Pemerintah Pulihkan Pariwisata

3. Pemkab OKI rombak hotel sesuai standar rumah sakit untuk pasien PDP

Pemkab OKI Cari Investor, Ubah Teluk Gelam Jadi Rumah Sakit WisataWeb

Langkah awal, Pemkab OKI melakukan renovasi total Hotel Kembar yang berada di Teluk Gelam, dengan standar rumah sakit untuk menampung dan merawat PDP. Berbagai kajian pun menurut dia sudah dilakukan untuk mengundang investor yang berpengalaman dalam mengelola rumah sakit.

"Kita lakukan kajian perencanaan dari potensi-potensi yang ada ini, lalu yang mengelola nanti tentu harus miliki pengalaman manajemen rumah sakit yang baik. Kalau untuk pengembangan wisatanya kita sudah punya pengalaman dengan investor," tandas dia.

Baca Juga: Data BPS Sumsel: Tak Ada Wisatawan Datang ke Sumsel Bulan April

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya