PDHI Sumsel Suntik Vaksin Rabies Hewan Peliharaan di Palembang 

Target PDHI 70 persen hewan peliharaan sudah divaksin

Palembang, IDN Times - Kota Palembang belum sepenuhnya bebas dari penyakit hewan rabies. Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Sumatra Selatan (PDHI Sumsel) melakukan penyuntikan gratis, sekaligus melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan.

Salah satu upaya dilakukan dengan menyuntik vaksin rabies bagi hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan kera. Penyuntikan vaksin menjadi upaya yang tidak putus dilakukan oleh PDHI Sumsel untuk membuat Palembang zero rabies.

"Kegiatan ini dilakukan di beberapa wilayah Sumsel untuk menyambut World Rabies Day 2021. Vaksinasi kita berikan secara gratis bagi hewan peliharaan," ungkap Ketua PDHI Sumsel, Jafrizal, Selasa (7/9/2021).

1. Populasi anjing menjadi perhatian lebih

PDHI Sumsel Suntik Vaksin Rabies Hewan Peliharaan di Palembang Penyuntikan vaksin Rabies bagi hewan peliharaan di Kecamatan Plaju Palembang (IDN Times/istimewa)

Vaksinasi rabies secara bergantian dilakukan per kecamatan di Palembang. Untuk mewujudukan wilayah Palembang bebas dari rabies, PDHI Sumsel menarget minimal 70 persen dari populasi hewan mendapat vaksin.

"Mudah-mudahan hewan yang ada sudah disuntik vaksin. Syaratnya adalah 70 persen populasi anjing harus sudah divaksin rabies," jelas dia.

Baca Juga: Setiap Tahun, 103 Orang Indonesia Meninggal karena Rabies

2. PDHI cek langsung hewan peliharaan ke rumah warga

PDHI Sumsel Suntik Vaksin Rabies Hewan Peliharaan di Palembang Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumsel, drh Jafrizal (IDN Times/Rangga Erfizal)

Setelah vaksinasi rabies di daerah Plaju, Palembang, pihaknya akan kembali bergeser ke kecamatan lain seperti Sukarami. Untuk masyarakat yang ingin hewan peliharaannya divaksin diminta mendaftar secara online terlebih dahulu.

Pihaknya menyediakan formulir pendaftaran bagi hewan peliharaan di akun media sosial Instagram PDHI Sumsel, ataupun instagram pribadi jafrizal_dr.

"Untuk pemberian vaksin rabies ini, PDHI Sumsel membagi menjadi dua tim. Ada yang standby di kantor Lurah, ada yang khusus ke rumah warga untuk sosialisasi vaksin rabies," jelas dia.

3. Kecamatan Plaju diklaim bebas rabies sejak 2017

PDHI Sumsel Suntik Vaksin Rabies Hewan Peliharaan di Palembang Penyuntikan vaksin Rabies bagi hewan peliharaan di Kecamatan Plaju Palembang (IDN Times/istimewa)

Sementara itu, Camat Plaju, Ahmad Furqon mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu PDHI Sumsel dan pemerintah menciptakan wilayah Palembang zona bebas rabies.

Dirinya mengklaim, belum pernah ditemukan kembali ada laporan mengenai paparan rabies pada hewan dan manusia sejak 2017 lalu.

"Kami punya komitmen untuk mendukung pemerintah bebas rabies dan berharap Kecamatan Plaju menjadi locus serta dicanangkan Kecamatan Plaju bebas rabies," tutup dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Apresiasi Kesadaran Masyarakat Terapkan Prokes

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya