Mulai Operasi Besok, KAI Semprot Kereta Rute Palembang-Lubuk Linggau

Okupansi kereta dibatasi 70 persen

Palembang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional (KAI Divre) III Palembang menyemprot tiap gerbong kereta api dengan disinfektan, Rabu (23/9/2020). Penyemprotan itu bagian dari persiapan pengoperasian kereta api tujuan Palembang-Lubuk Linggau mulai besok.

"Tadi siang penyemprotan telah dilakukan sebagai upaya mencegah sebaran virus. Penyemprotan juga dilakukan setiap hari usai kereta beroperasi," ujar Manager Humas PT KAI Divre III, Aida Suryanti kepada IDN Times, Rabu (23/9/2020).

1. Jarak antar penumpang akan diatur

Mulai Operasi Besok, KAI Semprot Kereta Rute Palembang-Lubuk LinggauAtur jarak dalam kereta (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kereta Api Sarelo tersebut akan menerima penumpang dengan protokol kesehatan. Jarak duduk antara satu penumpang dengan penumpang lainnya bakal diatur. Tidak hanya di kereta, pembatasan jarak antar penumpang juga diatur sejak pintu kedatangan stasiun hingga ruang tunggu.

"Kita sediakan fasilitas protokol kesehatan mulai dari hand sanitizer, tempat cuci tangan, hingga marka pembatas jarak antar penumpang," jelas dia.

Baca Juga: Kereta Api Palembang-Lubuk Linggau Dibuka Lagi, KAI Siapkan Rapid Test

2. Jumlah penumpang kereta dibatasi

Mulai Operasi Besok, KAI Semprot Kereta Rute Palembang-Lubuk LinggauPemasangan batas jarak di Stasiun Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Aida dari pembelian tiket secara online maupun langsung di stasiun, akan diatur tempat duduk sesuai pembatasan jarak. Tiket yang dibeli di loket hanya bakal dilayani tiga jam sebelum keberangkatan kereta.

"Okupansi kereta dibatasi 70 persen dari yang dijual, dan penempatan tempat duduk diatur berdasarkan sistem dalam pemesanan tiket serta berlaku jaga jarak," jelas dia.

3. Penumpang anak diminta membawa face shield sendiri

Mulai Operasi Besok, KAI Semprot Kereta Rute Palembang-Lubuk LinggauPetugas di stasiun kertapati cek kesiapan ruang tunggu (IDN Times/Rangga Erfizal)

Bagi penumpang kereta yang telah memesan tiket, nantinya akan diperiksa suhu tubuh. Penumpang boleh melakukan perjalanan jika suhu tubuhnya di bawah 37,3 derajat. Para penumpang juga diminta menyiapkan surat hasil rapid test sebagai syarat melakukan perjalanan.

"Bisa surat rapid test atau PCR yang berlaku 14 hari. Penumpang diwajibkan menggunakan baju lengan panjang atau jaket. Penumpang yang bertiket akan mendapatkan face shield dari PT KAI, sedangkan bagi penumpang infant (anak di bawah 3 tahun) tidak disediakan dan harus membawa sendiri," tutup dia.

Baca Juga: PT Kereta Api Tebar Diskon hingga 25 Persen, Cek Rutenya di Sini! 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya