Muba Gratiskan Rapid Tes untuk Peserta CPNS 2021 di Tiap Faskes

Peserta yang reaktif tetap bisa mengikuti tes secara khusus

Musi Banyuasin, IDN Times - Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex, menggratiskan rapid tes gratis kepada peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPS) di bumi Serasan Sekate. Total ada 4.217 orang yang akan mengikuti tes selama lima hari pada 12-17 Oktober 2021 mendatang.

"Pemberian rapid tes gratis ini untuk meminimalisir penyebaran virus di Muba jangan sampai ada klaster baru. Jadi tidak ada alasan nanti belum tes," ungkap Dodi, Sabtu (4/9/2021).

1. Peserta tes dipersilakan memilih faskes sendiri di Muba

Muba Gratiskan Rapid Tes untuk Peserta CPNS 2021 di Tiap FaskesIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Menurut Dodi, peserta CPNS diminta melakukan pemeriksaan minimal satu hari sebelum tes. Sebab dalam aturan rapid akan berlaku selama 3x24 jam. Peserta pun dibebaskan memilih faskes mana saja.

"Jadi peserta tinggal memilih mau rapid tes di mana. Seluruh puskesmas di Kabupaten Muba memfasilitasinya secara gratis," jelas dia.

Baca Juga: Tes CPNS 2021 Digelar Besok, Ini Alur CAT SKD di Sumsel 

2. Peserta CPNS tetap bisa mengikuti seleksi walau positif

Muba Gratiskan Rapid Tes untuk Peserta CPNS 2021 di Tiap FaskesBupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex (IDN Times/Pemkab Muba)

Dodi meminta para peserta CPNS tidak khawatir jika positif. Mereka tetap bisa mengikuti tes secara khusus. Tempatnya pun akan dipisahkan dengan peserta lain.

Dari total 4.217 peserta seleksi, pihaknya merinci ada sebanyak 960 peserta CPNS yang mendaftar. Sedangkan untuk PPPK non guru mencapai 358 peserta dan 2.899 orang PPPK Guru.

"Kita imbau peserta 14 hari sebelum tes melakukan isolasi mandiri. Sedangkan untuk syarat tes sangat mudah, peserta yang mau tes gratis cukup membawa kartu ujian seleksi CPNS dan KTP," jelas dia.

3. Peserta dari Pulau Jawa wajib vaksin

Muba Gratiskan Rapid Tes untuk Peserta CPNS 2021 di Tiap Faskesilustrasi Vaksinasi di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepala BKPSDM Muba, Endang Dwi Hastuti menerangkan, pelaksanaan seleksi CPNS 2021 di Muba wajib dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat, sesuai Surat Rekomendasi Satgas COVID-19 Nasional. Khusus peserta dari Pulau Jawa, Madura, dan Pulau Bali, pihaknya mewajibkan mereka vaksin minimal dosis pertama.

"Sebelum tes akan diperiksa hasil antigen non reaktif, dan mereka diwajibkan menggunakan masker 3 lapis ditambah masker kain di bagian luar," jelas dia.

4. Peserta seleksi bisa cek jadwal ujian secara online

Muba Gratiskan Rapid Tes untuk Peserta CPNS 2021 di Tiap FaskesIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Peserta seleksi CPNS juga diwajibkan mengisi dan mencetak formulir deklarasi sehat yang terdapat pada laman ssasn.bkn.go.id paling lambat H-1 ujian. Formulir tersebut wajib ditunjukkan kepada petugas, sebelum mendapat PIN registrasi di lokasi ujian.

Pengumuman ketentuan dan jadwal CPNS Pemkab Muba dapat diunduh di website https://bkpsdm.mubakab.go.id/home/halaman/detail/pengumuman-pengadaan-cpns-pemkab-muba-tahun-2021.

Baca Juga: BKN Palembang Awasi Peserta CPNS Palsukan Data Kesehatan COVID-19

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya