Lonjakan Penumpang KA dari Palembang Diprediksi Capai 5,9 Juta Orang  

Puncak lonjakan akan terjadi pada 22 dan 29 Desember 2019

Palembang, IDN Times -Lonjakan penumpang kereta api dari Stasiun Kertapati Palembang pada akhir tahun nanti, diprediksi meningkat 4 persen atau sekitar sekitar 5,9 juta penumpang. Sama seperti lebaran, akhir tahun menjadi waktu favorit masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api. 

"Peningkatan penumpang tersebut diprediksi terjadi pada liburan Natal dan Tahun Baru mulai tanggal 19 Desember sampai dengan 5 Januari 2020. Puncaknya akan terjadi pada 22 dan 29 Desember," jelas Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro, Selasa (26/11).

1. Pembelian tiket KAI sudah bisa dilakukan mulai H-30

Lonjakan Penumpang KA dari Palembang Diprediksi Capai 5,9 Juta Orang  Stasiun Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Edi menjelaskan, untuk pembelian tiket akhir tahun pihak KAI sudah membuka pembelian secara resmi sejak 19 November 2019 lalu atau H-30. Pembelian itu bisa juga dilakukan melalui website KAI maupun membeli secara langsung di loket KAI.

"Pengguna transportasi KA bisa memesan tiket dari website KAI.ID atau memesan langsung ke stasiun keberangkatan KAI," jelas dia.

2. Dirut KAI minta pihaknya siaga amankan persiapan libur akhir tahun

Lonjakan Penumpang KA dari Palembang Diprediksi Capai 5,9 Juta Orang  Lonjakan penumpang pengguna kereta Api diprediksi meningkat sebanyak 4 persen (IDN Times/Rangga Erfizal)

Edi mengungkapkan, untuk memastikan libur akhir tahun berjalan lancar, seluruh jajaran di perusahaan kereta api Indonesia sudah disiagakan untuk turun, dan memastikan persiapan akhir tahun berjalan lancar.

"Petugas akan disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA Jawa dan Sumatera, untuk memantau bila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa (PLH) yang menghambat perjalanan KA," ungkap dia.

3. KAI Divre III siapkan 2.874 tempat duduk per hari

Lonjakan Penumpang KA dari Palembang Diprediksi Capai 5,9 Juta Orang  Penumpang tujuan Lampung dan Lubuk Linggau diprediksi akan jadi tujuan masyarakat Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sementara, Manager Humas Divisi Regional III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak KAI Divre III menyiapkan 51.723 tempat duduk dengan 2.874 tempat duduk per hari.

"Kami juga telah menyiapkan alat material untuk siaga, seperti menambah petugas penjaga perlintasan dan petugas daerah rawan, yang akan bekerja 24 jam. Selain itu, kita juga menyiagakan petugas posko di tempat rawan seperti di jalan Niru-Penimur dan Lahat - Lubuk Linggau," kata dia.

Baca Juga: Nyelonong Perlintasan, Kereta Api Lubuklinggau-Palembang Hantam Avanza

4. LRT tetap beroperasi seperti biasa, walau penumpang diprediksi meningkat diakhir tahun

Lonjakan Penumpang KA dari Palembang Diprediksi Capai 5,9 Juta Orang  LRT Palembang juga tetap beroperasi di akhir tahun(IDN Times/Rangga Erfizal

Aida melanjutkan, untuk moda transportasi massal lainnya, seperti Light Rail Transit (LRT) Palembang menjelang akhir tahun juga di prediksi akan ramai dengan penumpang.

"Walau diprediksi meningkat, namun LRT akan beroperasi seperti biasa," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya