Kodam II Sriwijaya Siagakan 2 Panser Amankan Ibadah Paskah

Personel disiagakan dan berkeliling wilayah

Palembang, IDN Times - Dampak teror yang terjadi di Makasar dan Jakarta beberapa waktu lalu, membuat tim pengamanan gabungan dari Polda Sumsel dan Kodam II Sriwijaya turun tangan. Mereka memperketat pengamanan dalam rangka Jumat Agung dan rangkaian Paskah.

Dua panser milik Kodam II Sriwijaya disiagakan di dua tempat, Gereja Paroki ST Yoseph di Jalan Jenderal Sudirman dan Gereja Katolik Hati Kudus Paroki kawasan Kolonel Atmo Palembang.

"Untuk mobil panser itu sudah satu malam menginap di sini melakukan pengamanan. Ini dilakukan agar prosesi menjelang hari Paskah dapat berjalan lancar dan aman," ungkap Ketua Dewan Pastoral Paroki Gereja ST Yoseph Palembang, Fortunatus Sujadianto, Jumat (2/4/2021).

1. Jemaat disiapkan untuk berjaga-jaga

Kodam II Sriwijaya Siagakan 2 Panser Amankan Ibadah PaskahAnggota dari Polrestabes Palembang berjaga di Gereja Hati Kudus (IDN Times/istimewa)

Menurut Sujadianto, sedikitnya sekitar 20 orang anggota polisi dari Polrestabes Palembang dan tujuh anggota Kodam II Sriwijaya berada di lokasi melakukan pengamanan. Mereka disebar mengamankan lokasi pintu masuk gereja. Pintu masuk utama pun terpasang metal detektor.

"Seluruh jemaat gereja diperiksa secara ketat. Mereka diperiksa mulai dari barang yang dibawa hingga kondisi kesehatan," jelas dia.

Baca Juga: Perketat Daerah Pasca Teror Bom, Kapolda Pastikan Sumsel Aman

2. Peribadatan dibagi dua sesi

Kodam II Sriwijaya Siagakan 2 Panser Amankan Ibadah PaskahPersonel Kodam II Sriwijaya berjaga di depan Gereja Santo Yosef (IDN Times/istimewa)

Sujadianto menambahkan, ada beberapa rangkaian acara persiapan yang dilakukan jelang puncak perayaan Paskah. Pihaknya membatasi masyarakat yang akan beribadah, dan membagi  dua sesi sore dan malam hari.

"Tetap dilarang berkerumun, maksimal 1.000 orang. Jemaah akan dibagi di bagian dalam dan luar. Masyarakat juga diatur jarak sekitar satu meter antar jemaat," tutur dia.

3. Kapolda minta seluruh Kapolres siaga

Kodam II Sriwijaya Siagakan 2 Panser Amankan Ibadah PaskahAnggota dari Polrestabes Palembang berjaga di Gereja Hati Kudus (IDN Times/istimewa)

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, dirinya telah mengeluarkan instruksi kepada jajaran agar melakukan penyisiran. Apa lagi jelang rangkaian ibadah Paskah yang berlangsung sejak hari ini hingga Minggu esok.

"Para Kapolres langsung action ke gereja-gereja dan semuanya dipastikan aman. Kami memberikan kenyamanan bagi umat yang akan melaksanakan Paskah nanti, kita tetap awasi tetap dan berkomunikasi," ujar dia.

Terkait pengamanan pPaskah, Eko menjelaskan pihaknya juga akan melibatkan sejumlah ormas di Sumsel untuk bersama-sama menjaga keamanan. Bahkan, tim dari Polda Sumsel telah melakukan rapat koordinasi pengamanan wilayah Sumsel kemarin.

"Tim telah turun terutama ke gereja melakukan pengamanan. Beberapa ormas akan kita libatkan untuk membantu penjagaan," tutup dia.

Baca Juga: JK Imbau Pengurus Masjid Waspada Ada Kajian Keagamaan Bersifat Radikal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya