Kemenkumham Akui Kesulitan Tangkap 2 Napi yang Kabur dari Lapas Pakjo 

Empat napi kabur dari Lapas Pakjo dua minggu lalu

Palembang, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumam), Sudirman D Hury mengatakan, pihaknya masih berusaha mengejar dua narapidana (napi) yang masih buron usai kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pakjo dua minggu lalu.

1. Dua napi yang kabur sulit ditangkap karena cukup pintar

Kemenkumham Akui Kesulitan Tangkap 2 Napi yang Kabur dari Lapas Pakjo IDN Times/Rangga Erfizal

Menurut Sudirman, pihak Kemenkumham bersama tim gabungan kepolisian dan BNN masih kesulitan dalam mengejar dua pelaku lain yang saat ini masih kabur. Kalau penangkapan dua napi sebelumnya, itu karena mereka menggunakan telepon seluler (ponsel) mereka dan berhubungan dengan teman-temannya hingga mudah di lacak.

"Kalau mereka pegang handphone bisa kita track, mereka pegang saja tidak sehingga kita kesulitan mencarinya. Seperti yang pertama ketangkap kan gitu. Mereka ini otak mafia sudah lebih pintar," jelasnya,  saat dibincangi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Palembang, Selasa (23/7).

2. Masih kembangkan kasus

Kemenkumham Akui Kesulitan Tangkap 2 Napi yang Kabur dari Lapas Pakjo IDN Times/Rangga Erfizal

Pihak Kemenkumham sendiri, ungkapnya, terus mengembangkan kasus itu dengan menggali informasi dari para tahanan yang sudah ditangkap. 

"Gembongnya sudah ke tangkap, mereka tidak bisa berbuat banyak. Dari informasi yang kita gali juga masih terus dikembangkan. Dari keterangan David sendiri, sudah menjelaskan rumah tantenya (buronan), kita kejar mereka tidak di sana," ungkap dia.

Baca Juga: Tim Gabungan Ringkus 1 dari 4 Tahan Kabur dari Lapas Pakjo  

3. Kabur dari tahanan empat napi langsung berpencar

Kemenkumham Akui Kesulitan Tangkap 2 Napi yang Kabur dari Lapas Pakjo IDN Times/Rangga Erfizal

Dari penangkapan tersangka David, bahwa mereka berempat melarikan diri dengan cara berpencar, dan yang masih buron yakni, Subhan dan Feri.

"Dari tersangka David didapat keterangan bahwa teman-temannya Feri dan Subhan berada di rumah saudaranya satu dusun dari Subhan. Tim yang mendapat informasi langsung melakukan penggerebekan namun pada saat digerebek Feri dan Subhan sudah tidak berada di tempat," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya