Kejati Beberkan Sebab Alex Noerdin Jadi Tersangka Masjid Sriwijaya

Mudai Madang dan Laonma Tobing juga menjadi tersangka

Palembang, IDN Times - Proyek Masjid Raya Sriwijaya, Palembang, menyeret tiga orang tersangka baru. Mereka adalah Alex Noerdin, Mudai Madang, dan Laonma L Tobing. Penetapan status itu diumumkan di Gedung Bundar Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Jakarta Selatan.

Alex dan Mudai yang sebelum menjadi tersangka penjualan gas negara, tetap ditahan di Kejagung. Sedangkan Laoma yang menjadi terpidana kasus korupsi dana hibah Sumsel, juga masih mendekam di Rutan Klas 1 Pakjo Palembang.

"Alex Noerdin dan Mudai Madang tetap ditahan di Jakarta, sedangkan Laoma di Palembang. Total kerugian negara dari hasil penghitungan mencapai Rp116 miliar," ungkap Kasi Penkum Kejati Sumsel, Khaidirman, Rabu (22/9/2021).

1. Peran ketiganya dalam kasus Masjid Sriwijaya

Kejati Beberkan Sebab Alex Noerdin Jadi Tersangka Masjid SriwijayaAlex Noerdin (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Khaidirman menjelaskan, ketiga tersangka memiliki peran berbeda dalam kasus korupsi pembangunan masjid. Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumsel 2008-2018, dituduh memiliki peran melalui kebijakan yang ia ambil.

Sedangkan Mudai Madang selaku Bendahara Umum Masjid Raya Sriwijaya, dan Laoma L Tobing memiliki peran yang serupa untuk memuluskan pengajuan dana hibah.

"AN tentu berperan dan bertanggung jawab mengenai dana hibah. Sedangkan MM dan LLT tidak melakukan proses pencairan dana hibah yang diatur oleh negara," ujar dia.

Baca Juga: [BREAKING] Alex Noerdin Ditetapkan Lagi Sebagai Tersangka Masjid Sriwijaya

2. Alamat kantor Yayasan Masjid Raya Sriwijaya di Jakarta juga dipermasalahkan

Kejati Beberkan Sebab Alex Noerdin Jadi Tersangka Masjid SriwijayaAlex Noerdin (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Pada 2015 silam, dana hibah dari APBD Sumsel sebesar Rp50 miliar dicairkan oleh BPKAD Sumsel untuk pembangunan masjid. Kemudian menyusul pencairan dana hibah Rp80 miliar pada 2017 dari BPKAD. Kala itu, Laonma L Tobing menjabat sebagai Kepala BPKAD Sumsel.

Alamat kantor Yayasan Masjid Raya Sriwijaya yang berada di Jakarta pun turut dipermasalahkan. Menurut Khaidirman, aturan semacam itu tidak dibenarkan. Dana hibah yang bersumber dari APBD Sumsel, hanya diperuntukkan bagi yayasan maupun penerima di Bumi Sriwijaya saja.

"Seyogyanya dana hibah harus diberikan ke yayasan yang berada di Sumsel, sedangkan saat itu Yayasan Masjid Raya Sriwijaya berada di Jakarta," ungkap dia.

Baca Juga: Laoma L Tobing Sebut Alex Noerdin Minta Rp100 Miliar Masjid Sriwijaya

3. Ketiga tersangka dianggap menyalahi aturan pencairan hibah

Kejati Beberkan Sebab Alex Noerdin Jadi Tersangka Masjid SriwijayaAlex Noerdin (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Tim Pidana Khusus Kejati Sumsel akan memeriksa ketiga tersangka dalam proses kelanjutan Masjid Raya Sriwijaya. Laoma dalam persidangan sebelumnya mengakui telah diminta Alex Noerdin untuk mencairkan dana hibah 2015. Saat itu, proses pencairan dilakukan ketika proposal pembangunan masjid belum ada.

"Perbuatan ketiga tersangka dalam proses pencairan dana APBD tidak bisa dibenarkan dalam UU," ungkap dia.

Baca Juga: Dana Rp300 Juta Diduga untuk Bayar Sewa Helikopter Alex Noerdin

4. Pasal yang bakal menjerat ketiga tersangka

Kejati Beberkan Sebab Alex Noerdin Jadi Tersangka Masjid SriwijayaIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Baik Alex Noerdin, Mudai Madang, maupun Laoma Lumban Tobing, menjadi tahanan di dua tempat berbeda. Namun keduanya tetap dikenakan pasal yang sama mengenai tindak pidana korupsi.

"Ketiga tersangka dikenakan pasal primer, yakni pasal 2 UU nomor 31 tahun 1999 junto UU nomor 20 tahun 2021, junto pasal 55 KUHP dan pasal sekunder pasal 3 UU nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi," tutup dia.

Baca Juga: [BREAKING] Alex Noerdin Disebut Terima Rp2,4 M dari Masjid Sriwijaya

5. Kasus Masjid Raya Sriwijaya

Kejati Beberkan Sebab Alex Noerdin Jadi Tersangka Masjid SriwijayaMudai Madang hadir sebagai saksi Masjid Sriwijaya (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sebelumnya, enam tersangka telah ditetapkan penyidik, yakni Eddy Hermanto, Dwi Kridayani, Syarifudin, dan Yudi Arminto. Setelah dikembangkan, penyidik dari Pidsus Kejati Sumsel kembali menetapkan dua tersangka dalam. Mereka adalah mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman, dan mantan Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel, Ahmad Nasuhi.

Dalam hasil pemeriksaan, Pemprov Sumsel telah menganggarkan Rp130 miliar untuk pembangunan masjid yang digadang-gadang menjadi terluas di Asia itu. Uang pembangunan didapat dari APBD Sumsel pada 2015 dan 2017. Namun hasil audit menemukan kerugian negara sebesar Rp116 miliar dalam proyek mangkrak tersebut.

Baca Juga: Ternyata Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring Dibangun di Lahan Sengketa

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya