Kapolda Sumsel Baru Janji Berantas Pelaku Tambang Ilegal

Kapolda ajak Gubernur kolaborasi atasi permasalahan Sumsel

Palembang, IDN Times - Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel), Irjen Pol Toni Harmanto menjelaskan, program prioritasnya sebagai kepala kepolisian daerah untuk memberantas semua tindakan dan perbuatan melanggar hukum di Bumi Sriwijaya. Menurutnya, tambang ilegal dan tindak kejahatan jalanan akan menjadi prioritas utama ke depan.

Berkaca dari pengalamannya di Polda Sumatra Barat (Sumbar), Toni banyak menindak ratusan penambang ilegal. Selain menimbulkan kerusakan alam, tambang ilegal berpotensi merugikan negara.

"Memang agenda saya di Sumbar memberantas tambang ilegal, program itu saya bawa ke sini. Bahkan di sana ratusan orang kita pidanakan," ungkap Toni Harmanto kepada awak media, Senin (6/9/2021).

1. Pidana sebagai jalan terakhir menindak penambang

Kapolda Sumsel Baru Janji Berantas Pelaku Tambang IlegalLubang Tambang Ilegal (Dok. KLHK)

Toni menjelaskan, pihaknya akan mencoba masuk ke tambang ilegal dengan pendekatan persuasif. Untuk mencegah tambang ilegal, pihaknya tidak serta merta menerapkan sanksi pidana sebagai solusi.

"Pidana jalan terakhir, bagaimana kita mencari solusi dahulu. Seperti mencarikan jalan agar pekerja tambang memiliki pekerjaan yang layak," ungkap dia.

Baca Juga: Profil Kapolda Sumsel Baru Irjen Pol Toni Harmanto

2. Narkoba dan tindak kekerasan juga jadi prioritas

Kapolda Sumsel Baru Janji Berantas Pelaku Tambang IlegalIlustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam memberantas tindak pidana jalanan, ia juga berjanji kepada Gubernur Sumsel Herman Deru untuk segera menindak pelaku yang meresahkan masyarakat. Begitu juga dengan bahaya peredaran dan narkoba.

"Perang terhadap narkotika dan kekerasan jalanan masuk dalam agenda saya juga," jelas dia.

3. Pemulihan ekonomi menjadi pembahasan stakeholder

Kapolda Sumsel Baru Janji Berantas Pelaku Tambang Ilegalilustrasi Vaksinasi di Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Selain tindak kejahatan, Polda Sumsel berupaya berkoordinasi mengenai penanganan pandemik COVID-19. Meski saat ini angka penularan kasus semakin menurun, Toni tetap akan selalu waspada dalam penanganan virus serta percepatan vaksin.

"Saya datang ke sini untuk silaturahmi sekaligus berkolaborasi. Kita mengintesifkan tugas-tugas untuk membantu provinsi menghadapi isu-isu yang ada, terutama pemulihan ekonomi," jelas dia.

4. Gubernur janji bantu kapolda Sumsel atasi tambang

Kapolda Sumsel Baru Janji Berantas Pelaku Tambang IlegalGubernur Sumsel Herman Deru, saat tiba di Puskesmas Gandus (IDN Times/Rangga Erfizal)

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengakui, siap memfasilitasi kepolisian dalam agenda-agendanya menjaga Kamtibmas di Bumi Sriwijaya. Ia menyambut baik persoalan tambang ilegal yang akan diberantas oleh pihak kepolisian.

"Kita juga menunggu legalisasi Undang-Undang nomor 3 tahun 2020 soal pertambangan dan minerba," tutup dia.

Baca Juga: Jabat Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto Fokus Tangani COVID-19

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya