Jembatan Musi IV Sudah 87 Persen, Desember Sudah Bisa Dilewati

Total keseluruhan progres jembatan capai 87 persen

Palembang, IDN Times - Pembangunan Jembatan Musi VI Palembang yang menghubungkan wilayah Ulu dan Ilir Kota Palembang terus dikebut. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumatra Selatan (Sumsel) mengungkapkan, proyek jembatan sepanjang 295 meter itu mencapai tahap tiga yang dimulai sejak Juni lalu. 

"Setelah sempat tertunda beberapa waktu namun kini pengerjaan sudah dilakukan. Kemajuan pengerjaan fisiknya tahap tiga mencapai 20 persen. Kita optimis akhir tahun sudah bisa diresmikan Gubernur," ungkap Kepala Dinas PUBM-TR Sumsel, Darma Budhy, Rabu (2/9/2020).

1. PUBM-TR berharap jembatan cepat selesai

Jembatan Musi IV Sudah 87 Persen, Desember Sudah Bisa DilewatiKepala Dinas PUBM-TR, Darma Budhy (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Budhy, pengerjaan tahap tiga dilakukan dengan melakukan pengaspalan lantai jembatan di semua sisi, dan merampungkan jalan pendekat. Lalu pemasangan dua segmen bentang jembatan, dua bentang oprit jembatan di kedua sisi Ulu 100 meter dan Ilir 115 meter, serta pembangunan frontage pada sisi seberang Ilir jembatan.

"Dengan cepat selesainya jembatan Musi VI ini, dapat membantu mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Sudirman dengan beralih ke Musi VI," beber dia.

Baca Juga: Flyover Sekip Palembang Bakal Telan Dana Rp281 Miliar

2. Jalan di sekitar Musi VI seberang Ilir akan dialihkan

Jembatan Musi IV Sudah 87 Persen, Desember Sudah Bisa DilewatiIDN Times/Rangga Erfizal

Budhy juga menambahkan, dalam waktu dekat beberapa ruas jalan di 32 Ilir Palembang akan ditutup, arus kendaraan terutama di kawasan Simpang Makrayu hingga ke Tangga Buntung bakal dialihkan. Hal itu dilakukan karena pihaknya akan memasang tiang pancang di sisi Ilir.

"Penutupan jalan akan dilakukan selama satu bulan. Jadi kepada warga yang ingin ke Tangga Buntung sekiranya bisa melalui jalur Masjid Suro," ungkap dia.

3. Secara keseluruhan jembatan sudah selesai 87 persen

Jembatan Musi IV Sudah 87 Persen, Desember Sudah Bisa DilewatiProgres pembangunan Musi VI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepala Bidang Jembatan PUBM-TR Sumsel, M Affandi menambahkan, keseluruhan proses pembangunan jembatan Musi VI sudah mencapai 87 persen. Pihaknya masih akan mengerjakan pembangunan tiang pancang untuk sisi seberang Ilir. Sedangkan sisi seberang Ulu sudah selesai, tinggal lagi proses pengecoran copeerhead.

"Untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jembatan, dalam minggu ini kami akan melakukan pemancangan slep. Ada 92 titik pancang yang akan dipasang," tutup dia.

Baca Juga: Sepasang Kekasih Remaja Bunuh Diri Lompat ke Sungai Musi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya