Jalan Nasional di Palembang Sering Banjir, 4,2 KM Drainase Diperlebar

Progres pengerjaan baru 40 persen

Palembang, IDN Times - Kawasan Jalan Kolonel Haji Burlian, Basuki Rahmad, hingga Jenderal Sudirman kerap menjadi kawasan langganan banjir saat musim hujan. Tak jarang menimbulkan genangan yang cukup lama hingga mengganggu pengguna jalan.

Balai Besar Jalan Nasional (BBPJN), melalui Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah III, melakukan pelebaran drainase di sejumlah jalan nasional di Palembang.

"Sehingga air hujan langsung bisa terserap dan dialirkan ke kolam retensi terdekat. Sehingga tidak terjadi penumpukan air di jalan," ungkap PPK 3.1 Jalan Nasional Dalam Kota PJN III, Dicky Romansyah, Kamis (6/8/2020).

1. Progres pengerjaan baru 40 persen

Jalan Nasional di Palembang Sering Banjir, 4,2 KM Drainase DiperlebarPengerjaan drainase di Jalan Basuki Rahmad Palembang (IDN Times/Istimewa)

Menurut Dicky, paket pengerjaan drainase di jalan nasional dalam kota sudah berjalan 40 persen. Ia menilai, pembangunan sudah mulai berdampak pada pengurangan kapasitas air yang menggenang di jalanan.

"Rencana untuk tiga titik ini drainase ini, jalan Kolonel H Burlian 75 meter, Basuki Rahmat 3,4 kilometer dan Jalan Jenderal Sudirman Palembang 800 meter," beber dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Minta ASN Sedekah Rp2.000 Setiap Hari

2. Drainase baru dinilai efektif

Jalan Nasional di Palembang Sering Banjir, 4,2 KM Drainase DiperlebarPengecekan drainase oleh PJN III (IDN Times/Istimewa)

Dirinya menambahkan, pembangunan drainase di tiga titik dinilai cukup efektif. Pihaknya mulai mengerjakan pengerjaan sejak April lalu, atau saat musim hujan. Air yang turun sudah tidak lagi menggenangi jalan. Padahal sebelumnya kawasan Kolonel Haji Burlian menjadi wilayah langganan banjir di Palembang.

"Sebab saat turun hujan, jalan nasional ini pertama kali didatangi air, sehingga pembangunan drainase ini sangat dibutuhkan. Alhamdulillah, hasilnya cukup efektif kota Palembang tidak lagi tergenang," tegas dia.

Baca Juga: Flyover Sekip Palembang Bakal Telan Dana Rp281 Miliar

3. Bakal bikin pedestrian di atas drainase

Jalan Nasional di Palembang Sering Banjir, 4,2 KM Drainase DiperlebarFree-Photos from Pixabay" target="_blank">pixabay

Tidak hanya membangun drainase di tiga ruas, pihak PJN menuturkan akan memperbaiki pedestrian di atas drainase. Pejalan kaki pun dapat memanfaatkannya.

"Nantinya di atas drainase ini kita akan buat pedestrian seperti di Jalan Sudirman," tutup dia.

Baca Juga: Rute Khusus Sepeda Bakal Tersedia di Palembang, Komunitas: Hore!

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya