Ini Penyebab Jalan Lintas Palembang - Betung Sempat Lumpuh Total

Kondisi jalan dan ego pengendara menambah ruwet kemacetan

Palembang, IDN Times - Arus lalu lintas poros Palembang - Betung, pada Sabtu (21/12) mendadak macet sepanjang 6 kilometer. Bukan hanya itu, kemacetan juga terjadi di Jalan Soekarno - Hatta menuju ke Kilometer 12 Palembang. 

Menurut Kasat Lantas Polres Banyuasin, AKP Avani Herliansyah, kemacetan tersebut mengular dari wilayah Sukamoro hingga SPBU Pulau harapan, Banyuasin sepanjang 6 kilometer. 

"Kemacetan itu bertepatan dengan week end serta libur sekolah dan pesantren yang ada di wilayah Banyuasin. Semua tumpah jadi satu di jalanan, otomatis 2.000 santri yang ada di sana keluar semua naik bus, sehingga kemacetan tidak bisa dihindari sejak siang hari," ujar Avani, Minggu (22/12). 

1. Jalan berlubang dan pohon tumbang menambah kemacetan

Ini Penyebab Jalan Lintas Palembang - Betung Sempat Lumpuh TotalKemacetan di jalan lintas Banyuasin - Palembang (IDN Times/Polres Banyuasin)

Avani menjelaskan, kemacetan tersebut sulit terurai bukan hanya lantaran ramainya santri yang keluar dari sekolah. Namun, kondisi jalan yang tak begitu mulus dan hujan angin yang mengakibatkan beberapa pohon bertumbangan, mengakibatkan jalanan semakin macet.

"Mungkin di daerah Palembangnya banyak pohon tumbang. Karena kemarin anginnya kencang. Lalu faktor jalan rusak juga menambah kemacetan terutama di daerah Air Batu banyak yang hanya ditambal sulam dengan pasir sehingga saat musim hujan, pasirnya hilang muncul lobang," jelas dia.

2. Banyak pengendara yang tidak sabar memotong bahu jalan

Ini Penyebab Jalan Lintas Palembang - Betung Sempat Lumpuh Totalhttps://www.pexels.com/@mikechie-esparagoza/Mikechie Esparagoza

Banyaknya pengendara yang tidak sabar, ungkap Avani, juga membuat kondisi jalanan semakin kacau. Rata-rata pengendara baik itu mobil pribadi dan bus ,banyak yang memaksa melewati bahu jalan.

"Ketika mau masuk lagi ke jalan, jadi macetnya tidak terurai. Sempat macet terkunci di daerah Air Baru, karena lebih ketidak sabaran pengguna jalan," ungkap dia.

Baca Juga: Dishub Sumsel Prediksi Selama Nataru Kepadatan Kendaraan Naik 5 Persen

3. Personel Lantas standby sampai operasi lilin berakhir

Ini Penyebab Jalan Lintas Palembang - Betung Sempat Lumpuh TotalJalan lintas Banyuasin - Palembang (IDN Times/Polres Banyuasin)

Untuk mengantisipasi agar kemacetan tak terjadi lagi, Polres Banyuasin sudah berkoordinasi dengan Pemkab Banyuasin dan Dinas PU untuk menangani jalan yang rusak, sehingga kemacetan dapat lebih mudah di urai.

"Kami menurunkan 40 personel untuk mengurai kemacetan yang ada. Selama operasi lilin, kita standby termasuk hari ini. Dominasi kendaraan dari arah Betung menuju Palembang," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya