Herman Deru Prihatin Rival Politiknya Alex Noerdin Ditahan

Herman Deru berharap Alex Noerdin lepas dari jerat hukum

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengaku prihatin mendengar mantan Gubernur Sumsel 2008-2013 sekaligus rival politiknya, Alex Noerdin, ditahan oleh Kejaksaan Agung RI.

Herman Deru menegaskan, dirinya selama ini tidak memiliki masalah pribadi dengan Alex meski sempat berseteru dalam dua kali pilkada Sumsel.

"Saya tidak buat-buat ini, saya sangat prihatin secara pribadi. Karena aku tidak ada masalah dengan dengan Alex Noerdin itu," ungkap Deru di Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (16/9/2021).

1. Deru mengaku kerap dinasihati Alex Noerdin

Herman Deru Prihatin Rival Politiknya Alex Noerdin DitahanAlex Noerdin (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Deru mengenang perkenalannya dengan Alex Noerdin sejak puluhan tahun silam. Saat itu, perkenalan dua tokoh Sumsel terjadi ketika sama-sama belum berkecimpung di dalam politik.

Menurutnya, Alex masih menduduki jabatan sebagai Ketua Penjabat Palembang pada 1994 silam. Mereka berteman layaknya kakak dan adik yang saling menghormati dan mengayomi.

"Saya punya hubungan yang baik dan kenal sejak 1994. Saat itu saya banyak mendapat nasihat dari Alex Noerdin," kenang Deru.

Baca Juga: Alex Noerdin Ditahan di Rutan KPK Selama 20 Hari ke Depan

2. Politik membuat hubungan keduanya tampak bermusuhan

Herman Deru Prihatin Rival Politiknya Alex Noerdin DitahanAlex Noerdin (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Deru mengakui, hubungannya sempat merenggang saat pemilihan Gubernur 2013 lalu. Saat itu, keduanya berhadap-hadapan sebagai calon Gubernur Sumsel periode 2013-2018. Lalu hubungan mereka sempat memanas ketika anak Alex Noerdin, Dodi Reza Alex, juga menghadapi Herman Deru pada Pilkada 2018 lalu.

"Kemarin itu karena politik saja, seperti kami sedang berhadap-hadapan. Kami tidak ada masalah secara pribadi," jelas dia.

3. Deru berharap Alex Noerdin lepas dari jerat hukum

Herman Deru Prihatin Rival Politiknya Alex Noerdin DitahanIDN Times/Sidratul Muntaha

Deru pun berharap Alex Noerdin dapat menghadapi permasalahan hukum dengan kepala tegak. Ia menjelaskan, kasus yang menjerat Alex belum final karena masih ada proses hukum yang harus dilewati.

"Ini musibah atau ujian bagi Alex Noerdin. Sebagai adik, saya mendoakan beliau kuat dan tabah menghadapi kondisi ini dan memberikan keterangan selugas-lugasnya. Mudah-mudahan beliau bisa lepas dari jerat hukum," tutup dia.

Baca Juga: Jadi Tersangka Penjualan Gas Negara, Ini Profil Alex Noerdin

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya